Sukses

Cara Jitu Cegah Serangan Jantung

Aturlah pola makan Anda agar kolesterol tidak tinggi sehinga terhindar dari penyakit jantung

Liputan6.com, London Risiko penyakit jantung dapat terjadi bila kadar kolesterol di dalam tubuh mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peneliti mengingatkan bahwa kerusakan jangka panjang di arteri terjadi pada usia cukup muda, yaitu 30 tahun. Alasannya, di usia 20 tahunan pun seorang individu sudah memiliki kadar kolesterol tinggi.

Sebelum melihat data yang ada di Framingham Heart Study, mereka terlebih dulu memeriksa 1.478 orang tua berusia 55 tahun yang terbebas dari penyakit kardiovaskular, dan menghitung berapa besar jumlah kolesterol tertinggi yang pernah mereka alami.

Menggunakan pengukuran resmi di Inggris, ditemukan tingkat keseluruhan kolesterol para responden adalah 160mg/dL - 4 milimol per liter. Untuk LDL (kolesterol jahat) sebesar 130mg/dL atau 3,3 milimol per liter.

Pada usia 55 tahun, sebanyak 389 orang telah mengalami satu sampai 10 tahun dari kolesterol tinggi, 577 memiliki 11 sampai 20 tahun, dan 512 orang diketahui tidak memiliki kolesterol tinggi. Ini artinya, setiap 10 tahun jumlah orang yang berisiko penyakit jantung mengalami peningkatan sebesar 39 persen.

Melihat dari hasil penelitian yang diterbitkan ke dalam jurnal Circulation American Heart Association para peneliti menyarankan agar individu berusia muda yang berisiko mengalami itu mengonsumsi obat anti-kolesterol.

"Temuan kami menunjukkan bahwa orang dewasa dengan kadar kolesterol ringan hingga sedang dapat mengambil manfaat dari strategi pencegahan yang lebih agresif sebelumnya," Kata Penulis Utama dari Duke Clinical Research Institute, Dr Ann Marie Navar-Boggan dikutip Daily Mail, Rabu (28/1/2015).

Lebih lanjut Ann, mengatakan, apa yang terjadi di pembuluh darah, khusunya kadar kolesterol Anda, selama usia 30 sampai 40 tahunan dapat memengaruhi kesehatan jantung Anda di usia 50, 60, dan 70 tahun.

"Sekali pun Anda mengendalikan faktor risiko lain dari penyakit jantung seperti tidak merokok, tekanan darah normal, dan berat badan ideal, serta tidak mengidap diabetes tidak akan ada artinya bila Anda memiliki kolesterol dalam jumlah yang tinggi selama bertahun-tahun," kata dia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini