Sukses

3 Kiat Ampuh Cegah Flu

Ada tiga hal yang bisa Anda sontek di sini.

Liputan6.com, New York Setiap hari berhubungan dengan orang sakit membuat dokter rentan untuk tertular penyakit yang dibawa oleh pasien. Salah satunya virus flu.

Namun, para dokter punya jurus maupun trik tersendiri agar terbebas dari flu yang biasanya kerap mendera di musim hujan ini. Dokter Leigh Vinocur dari American College of Emergency Physician membagi resep untuk terhindar dari virus ini seperti dilansir dari laman Today, Rabu (28/1/2015).

1. Suntik vaksin flu

Di Amerika Serikat, vaksin flu yang digunakan sedang tidak memiliki kekuatan besar melawan virus yang kini berkembang. Meskipun begitu, vaksin flu tetap dibutuhkan untuk melawan strain virus lainnya yang bisa menyebabkan sakit.

2. Cuci tangan

Ini adalah langkah sederhana namun mampu menghentikan rantai penyebaran kuman penyakit. Rutinlah mencuci tangan dengan menggunakan sabun paling tidak selama 15 detik. Biasanya para dokter akan mencuci tangan usai bersentuhan langsung dengan pasien maupun cairan tubuh pasien.

3. Tahan napas

Saat bersin, virus memiliki kecepatan super cepat menyebarkan virus menurut riset MIT. Jika ada orang yang bersin di samping Anda, segera ahan napas 10-15 detik seperti disarankan Vinocur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.