Sukses

Terlalu Banyak Masturbasi Bisa Sakit Jiwa?

Banyak yang percaya bahwa keseringan masturbasi bisa menyebabkan sakit mental.

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi mitos seks yang dikaitkan dengan penyakit. Banyak yang percaya bahwa terlalu sering masturbasi bisa menyebabkan sakit mental. Psikolog Seksual Zoya Amirin pun membantahnya.

Menurut Zoya, mitos ini muncul karena munculnya buku 'Masturbatory Insanity' pada 1881. Kala itu, terjadi kehebohan karena dalam buku tersebut dituliskan bahwa siapapun yang sering melakukan masturbasi, dia akan mengidap gangguan jiwa tertentu.

"Jadi pada dasarnya karena excitement dirasakan saat orgasme ini digambarkan seperti orang mengalami trans atau merasakan kenikmatan. Saat puncak kenikmatan inilah banyak orang merasa lepas kontrol sehingga banyak orang berpikir kalau masturbasi bisa menyebabkan sakit jiwa padahal tidak begitu," kata Zoya untuk Sexpedia-Liputan6.com, Senin (26/1/2015).

Yang perlu diperhatikan, kata Zoya, adalah ketika pasangan justru menikmati masturbasi bukan hubungan seksualnya. "Selama Anda tetap bisa menikmati hubungan seks yang nyaman, berapa kali pun orgasme, sebulan sekali misalnya masih aman. Boleh juga sesekali masturbasi bersama. Tapi kalau suami banyak masturbasi sendiri namun tidak menikmati hubungan seksualnya mungkin perlu konsultasi dengan saya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.