Sukses

6 Manfaat Kulit Manggis

Mengobati sariawan hingga mencegah kanker adalah beberapa manfaat kulit manggis.

Liputan6.com, Jakarta Manggis adalah buah yang diyakini berasal dari Nusantara. Buah manggis juga dikenal sebagai "ratu buah" meskipun tidak jelas apa alasannya. Dengan rasanya yang manis, tentu banyak orang menyukainya.

Selain buahnya yang enak, ternyata manggis, terutama bagian kulitnya, juga memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh. Buah ini memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi. Bahkan, manggis merupakan salah satu buah dengan kandungan antioksidan tertinggi di dunia. 

Komponen aktif utama yang terdapat dalam buah manggis disebut xanthones, yaitu jenis baru senyawa polifenol yang memiliki banyak manfaat seperti antialergi.

Meskipun sangat bermanfaat, ada beberapa efek samping yang mungkin timbul saat mengonsumsi buah ini. Misalnya, gatal dan bersisik pada kulit, sakit kepala, nyeri otot, insomnia dan jantung berdebar. Karena itu, jangan makan buah ini terlalu banyak.

Berikut adalah beberapa manfaat kulit manggis seperti yang dilansir plant-medicine.com pada Senin (26/1/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Obati sariawan hingga cegah kanker

1. Mengobati sariawan

Kandungan vitamin C dalam manggis dapat sembuhkan sariawan. Cara membuat ramuan untuk obati sariawan adalah, pertama siapkan kulit manggis yang telah dicuci dan dipotong. Kemudian, rebus kulit manggis dengan 3 gelas air sampai air berkurang 50 persen. Setelah dingin, gunakan ramuan tersebut untuk berkumur.

2. Mengatasi diare

Cara ini biasanya digunakan oleh masyarakat Filipina. Cara menggunakannya, rebus daun dan kulit manggis. Air hasil rebusan kemudian diminum. Selain mengatasi diare, cara ini juga dapat mengobati demam.

3. Cegah kanker

Kandungan xanthone dalam kulit buah manggis juga dapat menghambat hingga menghancurkan sel-sel kanker. Cara menggunakannya, kerok bagian dalam kulit manggis lalu blender. Tambah air matang satu gelas, gula aren dan madu. Jus kulit manggis pun telah siap dikonsumsi.

3 dari 3 halaman

Cegah penyakit jantung dan kontrol kolesterol

4. Cegah penyakit jantung

Buah manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti magnesium dan kalium. Kalium sendiri merupakan komponen penting dari cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda tinggal mengonsumsi kulit manggis yang telah dijus. 

5. Meremajakan kulit

Kandungan antioksidan dalam kulit manggis dapat mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit lebih cepat. Sama seperti cegah penyakit jantung, untuk mendapatkan khasiat ini juga Anda tinggal membuat jus kulit manggis.

6. Kontrol kolesterol

Jus kulit manggis juga dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh. Selain diblender, Anda juga dapat meremas-remas bagian dalam kulit manggis dan mencampurnya dengan pemanis sesuai selera. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini