Sukses

Tanda-tanda Kerusakan Mata pada Anak

Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan kebutaan pada anak jika tidak ditangani serius.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan kebutaan pada anak jika tidak ditangani serius. Glaukoma misalnya, kondisi ini menyebabkan kerusakan pada saraf optik.

Kondisi umum lainnya yang dapat mempengaruhi penglihatan anak termasuk strabismus (mata juling) atau amblyopia (mata malas) yang menyebabkan masalah pada konsentrasi belajar si kecil.

Untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan mata ini, asisten profesor klinis optalmologi di Mount Sinai School of Medicine di New York menjelaskan pentingnya orangtua untuk peka pada kondisi mata anak. Glaukoma infantil misalnya, kondisi ini bisa dilihat setelah beberapa bulan kelahiran.

"Perhatikan bila anak yang tidak ingin membuka mata mereka saat terang, permukaan matanya tampak keruh, atau mata mereka tampak berkaca-kaca," kata Prabhu, seperti dikutip Foxnews, Senin (26/1/2015).

Sedangkan kondisi seperti strabismus jauh lebih mudah dikenali karena jalur matanta terlihat tidak sama.

Jadi kapan sebaiknya orangtua melakukan pemeriksaan mata?

Prabhu menjelaskan, setidaknya setahun sekali anak perlu memeriksakan mata. Dokter juga harus meminta orang tua memberitahu riwayat kondisi mata keluarga.

"Secara umum, anak-anak tidak perlu dokter mata jika tidak memiliki keluhan. Namun kadang kebiasaan buruk dapat mengakibatkan mata kemerahan atau gangguan penglihatan mungkin perlu pemeriksaan lebih lanjut," kata Prabhu.

"Glaukoma remaja biasanya dapat diobati dengan obat tetes mata, pil atau operasi, sedangkan untuk bayi, pilihan pengobatan terbaik biasanya bedah. Namun mata juling biasanya hanya dapat diobati dengan intervensi bedah, tergantung pada asal-usul masalah. Sedangkan gangguan penglihatan lain bisa diatasi dengan penggunaan kacamata," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.