Sukses

Pakai 'Earphone' Lebih dari 15 Menit, Waspadai Bahayanya

Siapa yang tak kenal dengan earphone. Namun, di balik kecanggihan alat kecil ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan earphone. Gadget kecil ini banyak dipakai orang, baik saat menunggu kereta atau bus kota, atau saat di kantor. Namun, di balik kecanggihan alat kecil ada bahayanya buat kesehatan.

Seperti dilansir Healthsite, Senin (26/1/2015), earphone yang sangat kecil memiliki daftar panjang efek samping penggunaannya dan daftar ini meningkat setiap hari.

Jangan sampai gadget dan teknologi ang canggih ini bukannya menghibur Anda malah sebaliknya.

Berikut beberapa risiko penggunaan earphone:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahaya Earphone


1. Gangguan pendengaran

Saat memakai earphone, suara langsung didengar telinga. Suara ini tak boleh melebihi 90 desibel.

Setiap volume di atas ini bisa berdampak pada pendengaran. Idealnya, orang tak boleh memakai earphone terus menerus selama lebih dari 15 menit. Ada ancaman gangguan pendengaran pada titik ini. Jadi, jika Anda harus menggunakan earphone, pastikan Anda mengistirahatjan telinga di sela-selanya.

2. Infeksi telinga akibat penggunaan earphone

Apakah Anda memiliki earphone sendiri atau Anda meminjam teman atau keluarga? Sangat umum berbagi earphone dengan teman, tapi apa praktik ini aman?

Jawabannya tentu saja tidak. Saling meminjam earphone dengan orang lain pastinya tak aman karena bakteri dari telinga lain bisa masuk ke telinga Anda dan menyebabkan infeksi.

Lain kali, pastikan Anda tak meminjamkan earphone Anda dengan siapap pun.

3. Penyumbatan saluran udara

Earphone atau headphone menghasilkan gelombang elektromagnetik, yang terbukti berbahaya untuk otak manusia.

Namun, belum ada penelitian atau bukti yang bisa membuktikannya. Tapi, mereka yang menggunakan earphone, bluetooth, dan headphone setiap harinya rentan mengalami masalah yang berkaitan dengan otak.

4. Sakit parah di telinga

Anda yang menggunakan earphone atau headphone secara teratur cenderung mengunjungi dokter karena keluhan nyeri yang parah di telinga.

Anda akan merasakan beberapa suara aneh dan dengungan yang berbeda di telinga Anda. Anda juga merasa telinga Anda mati rasa.

Ada penelitian yang membuktikan, penggunaan earphone yang berlebihan bisa mengakibatkan mati rasa dan nyeri di telinga.

3 dari 3 halaman

Tindakan Pencegahan


Tindakan Pencegahan

Anda yang kecanduan menggunakan penyumbat telinga, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda menjauhi diri Anda dari bahaya kesehatan akibat earphone:

1. Berhenti menggunakan earphone kecil karena mereka bisa masuk langsung ke telinga Anda. Gunakan headphone yang lebih besar.

2. Anda harus selalu memiliki earphone pribadi. Jangan saling meminjam, bahkan dengan anggota keluarga.

3. Jika earphone Anda ada karet atau spon penutupnya, cobalah mengganti mereka setidaknya sebulan sekali.

4. Jangan menyetel musik dnegan suara keras. Coba usahakan dengan suara serendah mungkin.

5. Hindari menggunakan earphone saat bepergian karena Anda akan menambah volume sehingga suara ini mengganggu sekitar Anda dan membahayakan.

6. Cobalah mengistirahatkan telinga Anda setiap 15 menit sekali jangan sampai pemakaian earphone membahayakan kesehatan Anda.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini