Sukses

Makanan untuk Ibu Baru Melahirkan Agar Bobot Turun

Sejumlah makanan tertentu memberikan ibu baru energi berlebih dan dapat juga digunakan untuk menurunkan berat badannya.

Liputan6.com, Jakarta Hal pertama yang terpikirkan ketika seorang wanita baru saja memiliki seorang anak adalah bagaimana cara mengembalikan ke berat badan semula, tanpa diet ketat dan mendapatkan banyak energi untuk mengurus si buah hati. Para ahli mengatakan bahwa sejumlah makanan tertentu memberikan wanita energi berlebih dan dapat juga digunakan untuk menurunkan berat badannya.

Apa saja itu? Berikut daftarnya dikutip dari Times of India, Senin (26/1/2015)

1. Ikan salmon

Salmon mengandung jenis lemak yang disebut DHA yang berguna bagi perkembangan sistem saraf seorang bayi. DHA hadir di dalam ASI, namun wanita bisa mendapatkan DHA dari apa yang dimakannya. Para peneliti merekomendasikan hanya dua porsi ikan salmon yang dapat disantap dalam seminggu.

2. Produk susu

Ibu menyusui dianjurkan untuk memasukan keju, yoghurt, dan susu di dalam menu diet hariannya. Susu mengandung vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang. Sedangkan produk susu lainnya mengandung vitamin B dan kalsium, yang keseluruhan nutrisi ini penting bagi tumbuh kembang seorang bayi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kacang-kacangan



3. Kacang-kacangan

Kacang hitam dan kacang merah dikemas dengan zat besi yang cukup tinggi.

4. Blueberry

Terkandung vitamin, mineral, dan serat di dalam blueberry. Sehingga para ahli menyarankan mengonsumsi buah ini setiap hari. Selain kandungan di atas, blueberry juga mengandung karbohidrat baik yang dapat menjaga energi Anda.

5. Beras merah

Karbohidrat yang berasal dari beras merah dapat meningkatkan energi harian Anda dan dapat membantu Anda mengontrol gula darah dalam tubuh.

6. Jeruk

Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin C. Bahkan, dianjurkan untuk mengonsumsi jus jeruk setiap hari untuk mencukupi kebutuhan vitamin C di dalam tubuh. Tapi, alangkah baiknya lagi bila mengonsumsi jeruk dalam bentuk buah bukan dijus.

3 dari 3 halaman

Telur



7. Telur

Telur mengandung protein yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Telur merupakan makanan penting bagi ibu yang sedang menyusui.

8. Roti gandum

Selain membantu Anda mengontrol berat badan, mengonsumsi roti gandum juga baik bagi tumbuh seorang anak karena terkandung asam folat, serat, dan juga  zat besi.

9. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli mengandung vitamin A dalam jumlah yang besar. Sayuran hijau merupakan sumber kalsium, zat besi, vitamin C, dan juga rendah kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini