Sukses

Makan Bayam Bikin Gigi Terasa Berpasir

Tak cuma pada bayam, perasaan gigi berpasir juga dirasakan saat makan sayur kale.

Liputan6.com, New York- Bayam merupakan salah satu sayuran yang disukai masyarakat kita. Selain harganya yang relatif murah, bayam pun tinggi serat, Vitamin A, flavonoid, antioksidan dan banyak lagi. Tapi pernahkah Anda merasa gigi terasa aneh dan seperti berkapur usai mengunyah sayur bayam?

Rasa gigi berpasir atau berkapur ini ternyata disebabkan oleh tingginya asam oksalaat pada bayam. Saat dikunyah, kristal oksalat keluar dari daun baya, dan kristal ini melapisi gigi yang menimbulkan perasaan gigi berpasir.
Namun, tidak cuma bayam. Tumbuhan lain seperti rhubarb, bit, kale juga tinggi asam oksalat sensasi gigi berpasir juga ditemukan usai mengonsumsi makanan tersebut seperti dilansir laman Pop Sugar, Senin (26/1/2015).

Selain sensasi gigi terasa aneh, asam ini meningkatkan risiko batu oksalat di ginjal sehingga orang-orang yang memiliki masalaha ginjal harus menghindari makan bayam dalam porsi besar. Selain itu, oksalat juga bisa menyebabkan masalah sakit nyeri seperti fibromyalgia, nyeri vulva, nyeri panggul kronis.

Untuk mengurangi kandungan oksalat bisa dengan memasak sayuran tersebut di air mendidih. Namun hanya mengurangi kadarnya hingga 15 persen saja.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini