Sukses

Saat Terkilir, Hindari Penggunaan Minyak Tawon

Minyak tawon malah membuat bengkak semakin besar.

Liputan6.com, Jakarta
Beragam aktivitas bisa membuat seseorang jatuh terkilir. Misalnya gara-gara berolahraga, menuruni tangga, bahkan berjalan kaki bisa membuat seseorang terkilir. Tarikan atau puntiran keras dan mendadak biasanya yang menyebabka hal ini terjadi.
 
Umumnya bagian yang terkilir adalah pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki. Biasanya bagian yang terkilir akan membengkak dan sakit. Pada beberapa kasus, hal ini bisa menghambat aktivitasnya.
 
Berbagai cara pun dilakukan untuk mengurangi terkilir. Salah satunya dengan penggunaan minyak tawon. Biasanya diusap-usapkan pada bagian yang terkilir. Banyak masyarakat awam yang merasakan bahwa cara ini manjur. Tapi, ternyata cara ini tidak dibenarkan oleh ahli.
 
"Jangan pakai minyak tawon, kan panas. Nanti yang terkilir malah jadi tambah bengkak," terang dokter spesialis ortopedi, Yanuarso saat ditemui Health-Liputan6.com di Rumah Sakit Royal Progress pada Jumat (23/1/2015).
 
Menurut dokter Yanuarso, jika ada bagian tubuh yang terkilir segera kompres dengan es. Dinginnya es bisa membantu meredakan bengkak yang ditimbulkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.