Sukses

Penyakit Ini Juga Paksa Anak Harus Diet Gluten Free

Anak dengan penyakit seliaka diharuskan menjalani diet gluten free

Liputan6.com, London Selain anak dengan autisme, seorang anak yang didiagnosa dengan penyakit seliaka dianjurkan untuk melakukan diet gluten free. Apalagi peneliti telah menemukan bahwa jumlah anak dengan penyakit seliaka meningkat tiga kali lipat selama dua puluh tahun terakhir.

Penyakit seliaka adalah penyakit yang menyerang autoimun yang dipicu oleh sistem kekebalan tubuh yang menganggap adanya benda asing di dalam tubuh. Seliaka menyebabkan anak mengalami sakit perut dan penurunan berat badan secara drastis. Bahkan yang lebih serius, penderita seliaka akan mengalami kurang gizi.

Dari laporan yang telah dipublikasikan secara online di dalam Archives of Disease in Chilhdhood, meski penyakit seliaka juga menyerang penduduk miskin, tapi jumlah terbanyak masih dipegang oleh seorang anak yang berasal dari keluarga kaya.

Alasannya, seliaka dapat terjadi ketika tubuh bereaksi terhadap makanan yang mengandung gluten, protein yang ditemukan dalam gandum, barley, dan sereal rye.

Peneliti Utama sekaligus Spesialis Kesehatan Masyarakat di Rumah Sakit Kota Nottingham, Dr Laila Tata, mengatakan, setiap 10.000 kelahiran per tahun selalu ada 1 kasus baru yang bermunculan.

Melansir Daily Mail, Sabtu (24/1/2015), sejak 1993 hingga 2012, 53 persen yang menjadi `korban` dari penyakit seliaka adalah anak perempuan. Sedangkan anak laki-laki jumlahnya sangatlah sedikit.

http://www.dailymail.co.uk/health/article-2922572/Gluten-illness-children-triples-poor-families-half-likely-diagnosed.html

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini