Sukses

Bila Tidak Hati-hati, Kontak Lensa Dapat Rusak Kornea

Penggunaan lensa kontak harus lebih hati-hati, bila tak ingin kornea alami kerusakan

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan lensa kontak tidak dilarang. Namun kita patut mengetahui bahwa penggunaan lensa kontak yang sembarangan dan tidak hati-hati, dapat merusak kornea.

"Kita biasanya baru sadar kalau itu adalah sesuatu yang berharga ketika dia bermasalah, termasuk kesehatan mata kita," kata Ketua Kolegium Ophtamologi Indonesia (KOI), DR. Dr. Tjahjono D. Gondhowiardjo, SpM, PhD ditulis Jumat (23/1/2015)

Sebagai seorang pengguna, lanjut Tjahjono, kita harus menyadari bahwa kita akan meletakkan sesuatu ke dalam mata. Bila menyadari hal itu, kita pun akan lebih waspada dan tidak sembarangan dalam memilih lensa kontak yang akan digunakan.

"Lensa kontak itu fungsinya ada dua, yaitu untuk membantu mengoptimalkan penglihatannya demi meningkatkan kualitas, dan ada juga yang untuk gaya hidup," kata pria yang juga Spesialis Mata Jakarta Eye Centre (JEC) @ Menteng.

Berhubung lensa kontak dapat digunakan untuk meningkatkan gaya hidup, silahkan saja bila ingin menggunakan lensa kontak yang berwarna-warni. "Sepanjang kita mengetahui ada risikonya, silahkan saja," kata dia menambahkan.

Tjahjono mengingatkan bahwa lensa kontak pun dapat kotor. Maka itu, kita harus lebih waspada dan tetap memberikan lingkungan yang baik pada mata. Apabila oksigen kurang, mata menjadi bengkak, tergores, dan terjadilah infeksi.

"Susahnya mereka tidak memahami ini. Malah selama tidur, lensa kontaknya tetap dipakai ketika tidur," kata dia.

Karena kebanyakan kita membeli lensa kontak tidak berdasarkan pengetahuan, hal-hal semacam ini tidak dapat dihindarkan.

"Mereka bertanya ke optik, di mana orang optiknya sedang berjualan. Ya wajar saja bila dibilang akan baik-baik saja," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini