Sukses

5 Cara Hindari Makan Berlebih Usai Olahraga

Hindarilah makan berlebih usai berolahraga dengan 5 cara sederhana berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Kelaparan kerap dirasakan oleh para atlet yang baru saja selesai melakukan olahraga. Memang tidak salah makan usai berolahraga, asalkan makanan kecil dengan jumlah kalori yang tidak terlalu besar. Namun kebanyakan dari kita, justru menyantap makanan dengan jumlah kalori yang sama besarnya seperti yang dibuang.

Jika cenderung makan berlebihan selesai berolahraga, cobalah strategi menyantap makanan sehat seperti di bawah ini yang dikutip dari Health Me Up, Jumat (23/1/2015)

1. Makan setiap 3 sampai 4 jam

Perlu mengonsumsi sejumlah kalori untuk menjaga kadar gula darah selama dan setelah Anda latihan. Ini akan membantu Anda menghindari respons insulin yang sangat tinggi, yang dapat membuat lemak di dalam tubuh jadi berlebih.

Untuk menghindari mengonsumsi terlalu banyak kalori, makan makanan yang kurang dari 500 kalori dan makanan ringan yang memiliki 200 kalori atau kurang.

2. Berolahraga sebelum makan utama

Jika Anda kerap makan usai berolahraga, jadwalkan olahraga sebelum Anda makan makanan utama. Dengan cara ini Anda dapat mengisi bahan bakar dengan kalori yang akan Anda makan pula.

3. Makan protein setiap kali makan

Makan protein membantu Anda mengendalikan nafsu makan dan merangsang hormon kenyang yang membuat Anda kenyang lebih lama. Makannya yang kaya protein seperti telur, susu, yoghurt, gandum saat sarapan. Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, susu rendah lemak, ikan, dan daging tanpa lemak sepanjang hari.

4. Sertakan serat di dalam diet harian

Jangan lupa untuk memasukan serat ke dalam tubuh, setidaknya 25 sampai 30 gram serat setiap hari. Seperti buah-buahan dan sayuran.

5. Minum

Anda cenderung haus usai berolahraga. Maka itu, selesai berolahraga langsunglah minum agar perut terasa kenyang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini