Sukses

Tanda Keperawanan Bisa Dilihat dari 2 Hal Ini

Tanda-tanda keperawanan bisa dilihat dari dua tanda penting

Liputan6.com, Jakarta Meski tidak bisa dilihat secara kasat mata, tapi tanda-tanda keperawanan bisa dilihat dari dua tanda penting. Selain selaput dara yang robek, oral atau anal seks juga.

Seperti disampaikan Psikolog Seksual Zoya Amirin bahwa kebanyakan orang hingga saat ini cenderung berpikir bahwa selaput dara itu bentuknya tertutup lalu robek bila melakukan hubungan seksual. Padahal bukan seperti itu.

"Kalau Anda pernah melihat kawat nyamuk, kira-kira selaput dara seperti itu. Fungsi bolong-bolong itu untuk jalan keluar darah saat menstruasi. Kalau tertutup, berarti harus diperiksa oleh dokter kandungan," kata Zoya untuk Sexpedia, Liputan6.com ditulis Jumat (23/1/2015).

Kembali lagi bicara mengenai keperawanan, kata Zoya, ketika selaput dara itu hilang itu biasanya tidak sakit. Namun yang jadi persoalan adalah hilangnya 'atribut sosial'.

"Keperawanan ini saya sebut small issue with big issue. Karena tanda keperawanan tidak bisa dilihat secara kasat mata, baik kata orang dari cara jalan dan sebagainya tidak ada yang tahu. Tapi batasan keperawanan itu saya pikir ada dua. Pertama, sudah pernah melakukan hubungan seksual, dan pernah melakukan oral atau anal seks," jelasnya.

"Kalau mau perawan jangan hanya kelaminnya yang dijaga tapi tangan dan mulut harus kompak dong. Kalau sudah pernah oral atau anal walaupun belum pernah berhubungan itu sama saja sudah tidak perawan dan perjaka lagi," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini