Sukses

Cegah Kanker Kulit dengan Rutin Konsumsi Empat Cangkir Kopi

Minum secangkir kopi tidak hanya menahan kita dari kantuk, tapi juga mencegah kita dari penyakit kanker kulit

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu jenis dari kanker kulit yang cukup parah, melanoma dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi empat cangkir kopi sehari.

Meski baru temuan awal, studi yang telah diterbitkan ke dalam JNCI: Journal of the National Cancer Institute diharapkan dapat menjadi langkah awal demi menghindari penyakit berbahaya ini.

Untuk menentukan apakah ada hubungan antara mengonsumsi kopi dan risiko melanoma kulit, Erikka Loffield dari Divisi Epidemiologi Kanker dan Genetika di US National Cancer Institute menggunakan data dari NIH-AARP Diet and Health Study.

Para peneliti menemukan bahwa peminum kopi biasa yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena kanker kulit, dibandingkan mereka yang kurang dalam meminum kopi.

Para peneliti juga mengamati bahwa kopi tanpa kafein tidak memberikan manfaat perlindungan yang sama. Ada juga kecenderungan perlindungan lebih dengan asupan yang lebih tinggi dengan efek perlindungan meningkat dari satu cangkir atau lebih.

Melansir laman Health Me Up, Jumat (23/1/2015), para peneliti juga mengungkapkan bahwa faktor lain yang memungkinkan dapat memengaruhi faktor risiko dari kanker kulit termasuk paparan radiasi UV, indeks massa tubuh, usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan gaya hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.