Sukses

Tingkatkan Budaya Membaca Label pada Kemasan

Biasakan melakukan pengecekan label sebelum membeli makanan atau minuman kemasan.

Liputan6.com, Jakarta Sehat atau tidaknya seseorang tergantung pada pilihan makanannya. Tapi yang lebih penting, biasakan melakukan pengecekan label sebelum membeli makanan atau minuman kemasan.
Langkah ini untuk menghindari agar Anda memahami apa isi kandungan didalamnya.

Seperti disampaikan ahli teknologi pangan Prof Made Astawan bahwa masyarakat Indonesia mestinya menjadikan baca label sebagai budaya untuk menghindari adanya persepsi negatif terhadap bahan pangan tertentu.

"Baca label kemasan itu penting karena itu acuan sederhana. Khususnya untuk orang sakit mungkin perlu memperhatikan asupannya, berapa kalori yang dibutuhkan dan sebagainya karena label dibuat untuk kita yang sehat," kata Made saat menyambangi kantor Redaksi Liputan6.com, Jumat (23/1/2015).

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pola makan orang Indonesia yang banyak mengonsumsi karbohidrat. Sehingga Made menilai, tidak adil bila satu bahan pangan tertentu menyebabkan kegemukan atau berhubungan dengan penyakit.

"Minuman bersoda misalnya, yang membuat gemuk itu bukan soda tapi gulanya. Gula itu berkalori dan tidak baik dikonsumsi berlebihan. Selain minuman manis, gaya hidup juga mempengaruhi seseorang kegemukan," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini