Sukses

Periksa Bahan Kosmetik yang Bikin Keriput di Wajah

Selain menyebabkan kanker, paraben ternyata bisa membuat kulit keriput.

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan bahan pengawet berbahaya dalam kosmetik, paraben? Paraben memang merupakan bentuk ester dari p-hydroxybenzoic acid yang sebenarnya melindungi kosmetik dari aktivitas bakteri. Tapi sayangnya, bahan ini dilarang karena bisa memicu kanker.

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menemukan bahwa methylparaben-salah satu jenis paraben ternyata dapat membuat kulit kering dan keriput.

Peneliti melihat, methylparaben menjadikan kulit tikus pucat, kering, dan lebih berkerut. Sehingga mereka menilai adanya konsentrasi yang tinggi dari bahan ini.

"Methylparaben dapat memperpendek umur sel kulit sehingga membuat tingkat kolagen berkurang danmempercepat penuaan sel," kata dokter kulit di Mount Sinai Medical Center, Rachel Nazarian, MD, seperti dikutip Prevention, Jumat (23/1/2015).

Penelitian ini juga menyarankan wanita pada khususnya untuk berhati-hati dalam memilih bahan produk kosmetik. Sebab bukannya tambah cantik, malah garis keriput yang muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.