Sukses

Studi: Makan Permen Karet Bikin Mulut Sehat

Dalam studi tersebut disebutkan bahwa permen karet dapat menangkap bakteri di mulut.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang belum lama ini diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE menemukan manfaat permen karet dalam hal kesehatan. Dalam studi tersebut disebutkan bahwa permen karet dapat menangkap bakteri di mulut.

Seperti diberitakan Newser, Jumat (23/1/2015), penelitian berjudul 'Quantification and Qualification of Bacteria Trapped in Chewed Gum' ini menyebutkan, permen karet bisa menjadi perangkap bagi bakteri melalui ludah yang dibuang.

"Lima relawan mengunyah mulai dari 30 detik hingga 10 menit. Peneliti kemudian mengukur efektivitas karet dan bakteri di mulut," tulis peneliti.

Kendati demikian, peneliti juga tidak menyarankan penggunaan permen karet untuk membersihkan mulut lantaran kebersihan mulut tergantung pada cara kita membersihkan gigi. Peneliti beranggapan, menyikat gigi tanpa pasta gigi diperkirakan menghapus jumlah bakteri yang sama saat mengunyah permen karet.

"Kami mencatat lebih banyak spesies bakteri ketika seseorang mengunyah permen karet lebih lama. Hal ini membuat bakteri terjebak dan melemah," ujar peneliti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini