Sukses

Minum Kopi Bisa Kurangi Risiko Kanker Kulit

Konsumsi kopi dapat mengurangi risiko kanker kulit atau melanona ganas.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi baru yang diterbitkan pada 20 Januari lalu dalam Journal of the National Cancer Institute menuliskan, konsumsi kopi dapat mengurangi risiko kanker kulit atau melanona ganas.

Livescience, Jumat (23/1/2015) melaporkan, peneliti melihat adanya kebaikan kopi yang dikonsumsi orang yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih dalam sehari bisa menurunkan risiko melanoma hingga 20 persen.

Tapi jangan senang dulu, karena temuan ini bukan berarti membuat Anda bebas berada di bawah matahari seenaknya. Anjuran untuk menggunakan tabir surya tetap perlu dilakukan untuk mencegah radiasi.

"Kopi bukan jaminan untuk melakukan apa yang tidak seharusnya dilakukan. Namun hasil studi ini cukup membuka mata kita bahwa kopi bisa membantu," kata peneliti di Yale School of Public Health dan sesama di National Cancer Institute, Erikka Loftfield.

Kasus melanoma ini memang jarang terjadi di Asia seperti Indonesia. Tapi mengingat penyakit ini mematikan karena merusak sel pigemn kulit tentu akan lebih baik bagi kita untuk mencegahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.