Sukses

Ini Manfaat Daun Kelor yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan beserta cara menggunakannya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun kelor cukup banyak bagi kesehatan. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahuinya. 

Kelor atau yang disebut dalam bahasa latin sebagai moringa oleivera ini memiliki batang yang mudah patah dan cabang yang jarang. Daunnya sendiri berbentuk bulat telur berukuran kecil yang tersusun dalam satu tangkai.

Kelor sendiri dapat berkembang dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggian antara 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut. Karena memiliki banyak manfaat dan tidak terlalu sulit dirawat, pohon kelor banyak dibudidayakan secara mandiri dengan cara stek.

Manfaat daun kelor bagi kesehatan cukup banyak. Dikutip dari Naturalnews pada Kamis (22/1/2015), hal ini dikarenakan zat yang terkandung di dalam daun kelor seperti antioksidan, asam amino, magnesium dan nutrisi.

Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan beserta cara menggunakannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dari Rematik hingga Biduran

1. Reumatik, nyeri dan pegal linu

Bahan: 2-3 gagang daun kelor dan 1/2 sdm kapur sirih.

Cara membuat dan menggunakan: Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus, lalu hasil tumbukkan dioleskan pada bagian tubuh yang terkena sakit.

2. Sakit mata

Bahan: 3 gagang daun kelor.

Cara membuat dan menggunakan: Tumbuk daun kelor hingga halus, lalu aduk dengan 1 gelas air sampai merata. Diamkan hingga ampasnya mengendap. Setelah itu, air ramuan dapat langsung digunakan seperti menggunakan obat mata pada umumnya.

3. Biduran/alergi

Bahan: siapkan 1 sampai 3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulosari.

Cara membuat dan menggunakan: Rebus semua bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Setelah itu, saring sampai bersih. Setelah dingin, minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore.

3 dari 3 halaman

Cacingan hingga Rabun Ayam

4. Cacingan

Bahan: 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai dan 1-2 batang meniran.

Cara membuat dan menggunakan: Semua bahan dicampur dengan 2 gelas air putih. Angkat setelah air yang tersisa hanya 1 gelas saja kemudian saring. Hasil saringan kemudian diminum sampai habis. 

5. Luka nanah

Bahan: 3 sampai 7 gagang daun kelor

Cara membuat dan menggunakan: Remas-remas daun kelor hingga cairannya keluar. Setelah itu, tempelkan pada bagian yang luka.

6. Rabun ayam

Bahan: 3 gagang daun kelor

Cara membuat: Tumbuk halus daun kelor, lalu seduh dengan 1 gelas air masak kemudian disaring. Air saringan lalu dicampurkan dengan madu lalu aduk hingga merata. Minum ramuan ini sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.