Sukses

Bagaimana Menjaga Asupan Minum Anak di Sekolah?

Penting untuk menjaga asupan minum anak selama di sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Anak yang mengalami kekurangan cairan 1-2 persen dapat berdampak buruk bagi kognisi anak. Maka itu penting untuk menjaga asupan minum anak selama di sekolah.

Untuk memudahkan orangtua atau guru, uku 'Pentingnya Hidrasi Bagi Anak Usia Sekolah dan Remaja' yang disusun oleh para ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia seperti Dr. dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Dr. dr Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dr. Sudung O. Pardede, SpA (K) serta ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr. Ir Hardinsyah memberikan panduan mudahnya.

"Bila 25-50 persen kebutuhan air minum anak harus diminum selama di sekolah, maka setiap anak perlu minum sekitar 2-4 gelas sehari selama di lingkungan sekolah," tulis para ahli tersebut.

Kesadaran untuk minum air putih ini juga perlu dibangun guna terwujudnya generasi yang sehat dan cerdas. Tapi sekali lagi, para ahli beranggapan kalau hal ini tidak cukup dengan pengawasan orangtua tapi juga perlu ada partisipasi guru dan sekolah untuk membentuk perilaku hidrasi sehat dan peningkatan  akses air minum yang cukup, aman dan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.