Sukses

Ini Sebabnya Anak Perlu Banyak Minum

Anak merupakan individu yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Anak merupakan individu yang unik. Enam puluh persen tubuh manusia dewasa terdiri atas air, namun pada anak-anak ternyata persentasenya lebih besar lagi. Selain itu, air pada anak mempengaruhi pertumbuhannya.

Seperti ditulis dalam buku 'Pentingnya Hidrasi Bagi Anak Usia Sekolah dan Remaja' yang disusun oleh para ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia seperti Dr. dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Dr. dr Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dr. Sudung O. Pardede, SpA (K) serta ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr, Ir Hardinsyah bahwa air putih diperlukan anak-anak untuk mencapai tumbuh kembangnya.

"Keseimbangan air perlu dipertahankan untuk anak tumbuh optimal. Untuk mempertahankan keseimbangan cairan, maka jumlah asupan air dan keluaran harus dijaga," tulis para ahli.

Yang menarik, para pakar kesehatan ini menyebutkan bahwa anak memerlukan lebih banyak air untuk setiap kilogram berat badannya dibandingkan dewasa. Hal ini disebabkan oleh luas permukaan tubuh anak yang lebih besar sehingga keluar air (keringat  dan penguapan) pada kulit lebih banyak.

"Kehilangan air melalui kulit diperkirakan 20 mL/kgBB per hari pad anak usia 5-10 tahun. Sedangkan remaja 10 mL/kgBB per hari dan dewasa 6-6 mL/kgBB per hari. Selain itu pada anak, fungsi pemekatan air kemih oleh ginjal belum sempurna sampai usia 2 tahun dan frekuensi napas lebih cepat. Ini sebabnya, peningkatan suhu tubuh anak lebih cepat ketimbang dewasa," jelasnya seperti ditulis Jumat (23/1/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini