Sukses

Fakta Pengobatan dengan Batu-batuan

Teknik pengobatan dengan kristal atau batuan lainnya meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Apakah teknik ini bisa menyembuhkan?

Liputan6.com, Jakarta Teknik pengobatan dengan kristal atau batuan lainnya meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Apakah teknik pengobatan ini bisa menyembuhkan?

Pengguna teknik ini mempercayai pengobatan alternatif ini bisa memfasilitasi penyembuhan karena mengalirkan energi positif ke tubuh, menggantikan yang negatif sebagai energi yang menyebabkan sakit.

Penyembuhan dengan kristal memang  populer di klinik kesehatan dan spa. Terkadang juga ada dalam praktik terkait dengan pijat dan reiki. Penggunaan kristal bisa membantu mendorong relaksasi meskipun efeknya belum didukung bukti ilmiah.

Karena itulah di dunia kedoktertan dan ilmuwan tak populer. Kebanyakan dari mereka menyebutkan pengobatan kristal sebagai pseudosains.

Secara ilmiah belum ada bukti bahwa pengobatan kristal bisa menyembuhkan penyakit karena penyakit tak pernah ditemukan sebagai hasil dari aliran energi di dalam tubuh. Selain itu, tak ada penelitian yang menunjukkan kristal dan permata bisa dibedakan dalam komposisi kimia atau warna untuk mengobati penyakit tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja

Bagaimana Kerja Batu dan Kristal?


Dalam pengobatan ini, menggunakan berbagai jenis batu-batuan dan memiliki sifat yang berbeda. Misalnya  Amethyst, diyakini beberapa orang bagus untuk usus,  Aventurine hijau membantu jantung, topaz kuning memberikan kejernihan mental. Warna merah hingga violet berhubungan dengan tujuh poin chakra pada tubuh.

Selama sesi pengobatan, kristal atau batu-batuan ditempatkan di tubuh Anda sejajar dengan titik-titik chakra, kira-kira di daerah atas kepala, dahi, tenggorokan, dada, perut, usus, dan pada daerah genital.

Batu-batu yang digunakan serta posisi mereka bisa dipilih sesuai gejala yang dilaporkan pasien. Ini semua dipengaruhi oleh pengetahuan si praktisi dan kepercayaan, filosofi chakra penyakit dan energi ketidakseimbangan. Ini filosofi yang sebagian besar diabaikan oleh praktisi kedokteran Barat.

Menurut Crystal Vaults, sebuah perusahaan yang menjual kristal tersebut, yang disebut sebagai jimat, kristal penyembuhan juga melibatkan penggunaan kristal dan batu yang mengenai tubuh atau ditempatkan di bawah bantal untuk menangkal penyakit, mengeluarkan energi negatif atau menyerap energi positif, "

 

3 dari 3 halaman

Efek Plasebo

Hanya Efek Plasebo

Menurut Christopher French, Kepala Unit Penelitian Psikologi Anomalistik di University of London, meski belum ada penelitian ilmiah tentang penyembuhan dengan kristal, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa penyembuhan kristal bisa menyebabkan efek plasebo pada pasein.

Efek plasebo adalah efek yang mengikuti pengobatan itu secara tak langsung karena pengobatan ini bekerja terhadap penyakit pasien. Dengan kata lain, seseorang mungkin merasa lebih baik setelah menjalani teknik pengobatan kristal, tetapi tidak ada bukti ilmiah bahwa hasil ini ada hubungannya dengan kristal yang digunakan selama pengobatan.

Pada 2001, French dan rekan-rekannya di Goldsmiths College di University of London mempresentasikan sebuah makalah pada Konferensi Tahunan British Psychological Society Centenary di Glasgow, dengan menguraikan studi mereka tentang khasiat pengobatan kristal.

"Tidak ada bukti bahwa pengobatan kristal bekerja dan melebihi efek plasebo," kata French Live Science, Kamis .

"Itu adalah standar yang tepat untuk menilai segala bentuk pengobatan. Tapi apakah Anda menilai penyembuhan kristal, atau bentuk lain dari [pengobatan komplementer dan alternatif], benar-benar tak berharga tergantung pada sikap Anda terhadap efek plasebo."

French menunjukkan, ada banyak pengobatan yang tak memiliki efek terapi selain efek plasebo. Namun, pengobatan ini mungkin bisa membuat Anda merasa lebih baik sementara waktu.

"Tidak ada bukti bahwa mereka benar-benar dapat menyembuhkan penyakit atau mengobati kondisi kesehatan. Jika Anda menderita masalah medis yang serius, Anda harus mencari pengobatan dari dokter berlisensi, bukan penyembuh alternatif," kata French menegaskan.

Di beberapa negara, jenis pengobatan alternatif ini termasuk kategori pijat atau terapi bodywork.

Beberapa dokter mentolerir pengobatan kristal sampai tingkat yang terbatas, melihatnya sebagai terapi yang dapat menyebabkan relaksasi, yang pada akhirnya adalah terapi untuk manajemen stres.

"Mereka yang mencari penyembuh kristal, bagaimanapun, harus berhati-hati untuk tidak melupakan pengobatan yang sah untuk penyakit yang mengancam jiwa."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini