Sukses

Ketiak Anak Kegemukan Cenderung Berbau Tak Enak

Ini Dia Tanda anak sedang mengalami kegemukan

Liputan6.com, Jakarta Bahaya obesitas atau kegemukan bukan hanya mengancam orang dewasa tapi juga anak-anak. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri anak yang mengalami obesitas seperti bau ketiak.

Seperti disampaikan spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) RS Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. dr. Sudung O. Pardede, SpA (K) bahwa untuk mengetahui apakah anak mengalami obesitas tentu harus menggunakan parameter yang dihitung dari indeks massa tubuh, ukuran lipatan kulit hingga persentil dalam kurva pertumbuhan.

"Untuk mengetahui anak obesitas dari kurva pertumbuhan, bisa dilihat dengan klasifikasinya seperti persentil. lebih dari 95 berarti obesitas, tapi kalau baru persentik 75-95 itu masih overweight," di sela-sela talkshow kesehatan di Hotel Le-Meridien, Jakarta, ditulis Kamis (22/1/2015).

Yang menarik, kata dia, ada ciri-ciri fisik yang mudah dikenali dari anak obesitas. "Selain leher dan bokongnya berlipat-lipat, ketiak mereka cenderung bau. Selebihnya, wajah mereka lebih tembam dan hidungnya pesek," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.