Sukses

4 Penyebab Kenapa Anda Terlambat Haid

Menstruasi yang datang terlambat tidak selalu berarti adanya kehamilan.

Liputan6.com, New York Setiap bulan, hampir semua perempuan mengalami menstruasi. Siklus menstruasi normalnya 21-35 hari. Namun jika melebihi dari siklus normal tersebut banyak perempuan yang panik dan mengira-ngira apa penyebabnya.

Menurut ahli kandungan sekaligus penulis buku, Alyssa Dweck, MD menstruasi yang datang terlambat tidak selalu berarti adanya kehamilan. Berikut beberapa hal yang menyebkan menstruasi pada perempuan datang terlambat seperti dilansir laman Women's Health pada Rabu (21/1/2015).

1. Berat badan turun drastis
Ketika tubuh mengalami penurunan berat badan secara drastis lalu memiliki indeks masa tubuh di bawah 18 akan membuat menstruasi seseorang terlambat.

2. Stres
Jika terjadi sebuah peristiwa besar seperti putus cinta, seseorang yang dekat meninggal, perceraian, kegagalan akan membuat emosi Anda terganggu. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya hypothalamic amenorrhea. "Hipotalamus, merupakan salah satu area di otak yang mengatur siklus menstruasi Anda. Dan hipotalamus sangat terkait dengan stres" terang Dweck.

3. Gangguan tiroid
Kelenjar tiroid mengatur metabolisme tubuh. Hal ini juga berinteraksi dengan sistem tubuh lain. "Jika berurusan dengan ketidakseimbangan tiroid bisa berdampak pada siklus menstruasi Anda.

4. Menopause prematur
"Ini sangat tidak umum terjadi, sehingga tidak perlu panik," terang Dweck. Tanda-tandanya ditandai juga dengan demam, vagina mengering, dan berkeringat di malam hari.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini