Sukses

Di Desa Ini Toilet Tak Berpintu

Ratusan bangunan di desa ini tak memiliki pintu, termasuk di toiletnya.

Liputan6.com, New Delhi- Ratusan bangunan di sebuah desa di India tak berpintu. Ada sekitar 300 bangunan seperti rumah, lembaga pendidikan, bahkan bank yang tak berpintu, termasuk toilet umum. Desa tersebut adalah Shani Shingnapur.

Untuk toilet sendiri, karena alasan privasi dan mengikuti permintaan perempuan, akhirnya diberikan tirai tipis di dekat pintu masuk.

"Tapi tak ada pintu karena itu bertentangan dengan keyakinan kami," kata penjaga toko di desa tersebut Parmeshwar Mane seperti dilansir OddityCentral, Kamis (22/1/2015).

Beberapa rumah menggunakan panel pintu yang diletakkan di kusen mereka. Tapi, itu hanya pada malam hari untuk mencegah hewan liar dan anjing masuk. Satu-satunya masalah tak ada pintu ini adalah tak ada yang mengetuk pintu jika datang. Tapi, desa ini memiliki solusi.

"Hanya berteriak dan seseorang akan ke pintu," kata seorang warga, Rani.

Penduduk Desa Shani Shingnapur di negara bagian Maharashtra merasa tak perlu melakukan langkah-langkah keamanan karena kepercayaan mereka dengan Dewa Shani, Tuhan Saturnus.

"Kekuatan Shani begitu hebat sehingga jika seseorang mencuri, ia akan terus berjalan sepanjang malam dan berpikir ia telah meninggalkan desa, tetapi ketika matahari terbit dia masih berada di sana," jelas pekerja pabrik Balasaheb Borude.

Bagi pendatang baru di desa tentu perlu menyesuaikan diri dengan kebiasaan aneh yang bisa menakutkan. Seperti Rupali Shah,yang begitu terkejut ketika ia diberitahu rumah tunangannya tak punya pintu.

"Beberapa tahun lalu ketika saya diberitahu saya harus tinggal di Shani Shingnapur setelah menikah, saya gugup," katanya.

"Saya tak pernah tinggal di rumah tanpa pintu.. Sekarang, tentu saja saya tak punya masalah apapun dan meninggalkan rumah terbuka," katanya.

Shani Shingnapur menjadi rumah bagi sekitar 5.000 warga. Praktik unik rumah tanpa pintu itu terkenal di India pada 1990, ketika desa tersebut muncul dalam film.

"Seluruh dunia harus tahu bahwa ada tempat yang disebut Shani Shingnapur, ketika rumah-rumah tidak memiliki pintu, ada pohon-pohon tetapi tidak ada bayangan, ada dewa tapi tidak ada kuil," kata Sayaram Bankar, wali di kuil.

Meskipun Shani Shingnapur bebas dari pencurian selama berabad-abad, pada 2010 dan 2011 terjadi perampokan. Alhasil, sebagian masyarakat kini memilih mengabaikan legenda dan memasang pintu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.