Sukses

Konsumsi Makanan Ini Jika Rambut Menipis

Kekurangan Vitamin D dan zat besi ternyata berpengaruh terhadap menipisnya rambut.

Liputan6.com, Jakarta Merasa rambut kian menipis? Bisa jadi disebabkan oleh dua hal. Pertama, akibat penggunaan alat penata rambut yang terlalu sering. Kedua, kekurangan Vitamin D dan zat besi.

Para peneliti dari Univeritas Kairo, Mesir, menemukan, wanita yang mengalami kerontokan rambut memiliki kadar zat besi dan vitamin D2 yang lebih rendah dibanding normalnya.

Seperti yang dituturkan oleh dokter dermalogi di Univeritas Kairo, jelas sekali Vitamin D memainkan peranan penting bagi menipisnya rambut. Vitamin D berguna untuk mengatur ekspresi dari gen yang akan mendorong pertumbuhan folikel rambut.

Sementara, kekurangan zat besi terbukti telah menipiskan jumlah rambut pada tikus seperti yang dilansir dari laman Prevention, Kamis (22/1/2015).

Konsumsilah minimal 600 IU (Internasional Unit) per hari. Jika sudah menginjak usia 71 tahun, konsumsilah 800 IU per hari.

Sementara, jika Anda dalam masa diet, konsumsi salmon seberat 3 ons bisa mengandung 450 IU Vitamin D, sedangkan susu dan jus jeruk mengandung 115-135 IU.

Pertimbangkan juga bahwa manfaat Vitamin D tak hanya untuk rambut Anda, tetapi juga untuk gangguan hati, kanker, dan kesehatan tulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini