Sukses

5 Tips Mengatasi Kenakalan Remaja untuk Orangtua

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua dalam mengatasi kenakalan remaja.

Liputan6.com, Jakarta Kenakalan remaja secara sederhana adalah segala perbuatan yang dilakukan remaja dan melanggar aturan yang berlaku dalam masyarakat. Meskipun begitu, fenomena kenakalan remaja adalah sesuatu yang normal.

Ketika seseorang beranjak remaja, beberapa perubahan terjadi, baik dari segi fisik maupun mental. Beberapa perubahan mental yang terjadi di antaranya adalah para remaja cenderung untuk resisten dengan segala peraturan yang membatasi kebebasannya. Karena perubahan itulah banyak remaja melakukan hal-hal yang dianggap nakal.

Meskipun karena faktor yang sebenarnya alami, kenakalan remaja terkadang tidak bisa ditolerir lagi oleh masyarakat. Karena itu, peran orangtua sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian remaja ini.

Sayangnya, tidak semua orangtua mengetahui bagaimana bersikap terhadap perubahan anaknya. Alih-alih memahami, para orangtua justru membuat seorang remaja semakin nakal. Misalnya, dengan semakin mengekang kebebasan anak tanpa memberikannya hak untuk membela diri.

Bagaimana mengatasi kenakalan remaja, terutama anak-anak Anda sendiri? Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan seperti yang dilansir Helpguide.org, Rabu (21/1/2015).

1. Menerapkan aturan dan konsekuensi

Pada saat Anda dan anak remaja Anda tenang, maka bicarakanlah tentang aturan di rumah beserta konsekuensinya. Ingat, bicarakan dengan alasan yang masuk akal. Jika anak remaja Anda tidak sepakat, maka berdiskusilah. Jadikan aturan dan konsekuensi yang dibuat sebagai keputusan bersama.

2. Mengungkap ada ada di balik kenakalan remaja

Para orangtua cenderung akan menghakimi anak remaja atas apa yang dilakukannya tanpa mengetahui ada masalah apa di baliknya. Bersikap seperti itu tidaklah adil bagi anak. Jadi, sebelum menghakimi anak yang berbuat nakal, tanya baik-baik apa yang sebenarnya terjadi.

Silakan klik halaman selanjutnya untuk mengetahui cara mengatasi kenakalan remaja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menagatasi Kenakalan Remaja

3. Temukan cara redakan marah

Karena perubahan hormon, remaja akan cenderung cepat marah. Karena itu, salah satu tugas orangtua adalah mengetahui bagaimana cara untuk meredakan marah pada anak tersebut. Banyak hal yang dapat dilakukan, misalnya membiasakan mereka dengan mendengarkan musik, menulis atau bermain game. 

4. Ada bersama anak

Terkadang, orangtua sibuk sendiri. Mereka hanya memberikan uang pada anaknya tapi tidak memberikannya kasih sayang. Hal ini sangat memicu kenakalan remaja. Karena itu, luangkan waktu Anda untuk anak, entah mendengarkan ceritanya atau memberikan solusi atas masalah yang dialaminya. Kebiasaan ini harus dibangun sejak dini.

5. Temukan kesamaan

Para orangtua juga harus mampu temukan kesamaan dengan anak remaja mereka. Dengan menemukan kesamaan, orangtua dan anak remaja dapat melakukan kegiatan bersama sehingga dapat menghindari anak melakukann kegiatan negatif. Misalnya, para ayah dapat mengajak anak lelakinya untuk melihat pertandingan sepak bola, sedangkan ibu dan anak perempuannya dapat pergi belanja ke pusat perbelanjaan.

6. Mendengarkan tanpa memvonis

Ketika Anda sedang berbicara dengan anak, hindarilah ucapan-ucapan yang sifatnya menghakimi, mengejek, menyela dan mengkritik. Sebab, seorang remaja sangat mudah tersinggung, bahkan oleh hal-hal yang sifatnya remeh. Dengan melakukan ini, maka anak remaja Anda akan merasa lebih dihargai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini