Sukses

Amati Apakah Anda Mengalami 7 Gejala Depresi ini?

Lantas, inilah ulasan mengenai ke-7 gejala Anda mulai mengalami depresi.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin bagi Anda dengan memiliki ketangguhan jiwa yang cukup rentan, sudah mulai terbiasa mendengar kata `depresi`. Depresi sendiri merupakan suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih. Apabila kondisi depresi ini mengganggu aktivitas seseorang, terutama aktivitas sosial, maka hal tersebut bisa disebut sebagai suatu gangguan depresi.

Berbagai gejala gangguan depresi bisa ditunjukkan dari beberapa hal seperti yang dilansir dari laman HuffingtonPost, Kamis (22/1/2015). Seperti perasaan sedih, lelah, malas, dan serupa lainnya.

Sangat perlu diperhatikan dan tidak mengacuhkan apabila gelaja ini timbul tidak satu-dua kali. Sebab, depresi bisa menjadi penyebab utama seseorang melakukan bunuh diri. Ini dia gejala-gejala Anda mulai mengalami depresi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala 1-4

1. Kesedihan

Kesedihan yang tak kunjung pergi bisa menjadi ciri paling mendasar dari depresi.

2. Masalah Tidur

Tidur terlalu banyak atau tidak cukup tidur, keduanya merupakan gejala depresi berdasarkan penelitian dari Mayo Clinic. The National Institute of Mental Health juga menyebutkan bahwa pengalaman terbangun di malam hari, terkadang juga merupakan ciri mereka merasa dikejar oleh masalah. Selain itu, orang yang mengalami depresi tidak merasa sudah beristirahat meskipun sudah tertidur lama.

3. Perubahan Selera Makan

Beberapa orang depresi merasa lapar atau tidak nafsu makan secara terus-menerus seperti yang diungkapkan oleh The National Alliance.

4. Gejala fisik

Tak hanya gejala mental saja yang terlihat dari depresi. Namun, menurut National Institute of Mental Health, penyakit biasa seperti sakit sakit perut, sakit kepala, dan dada sesak juga merupakan gejala Anda mengidap depresi.

3 dari 3 halaman

Gejala 5-7

5. Putus Asa

Orang depresi mungkin merasa putus asa, pesimisme, bahkan bersalah meskipun mereka tidak bisa disalahkan dalam hal tersebut.

6. Kehilangan Ketertarikan

Kehilangan ketertarikan untuk melakukan berbagai macam hobi, mencintai seseorang, bahkan berpenampilan bagus bisa menjadi ciri-ciri seseorang mengidap depresi.

7. Kehilangan Energi

Orang depresi mungkin saja merasa bahwa mental mereka tidak mengalami kehilangan energi. Namun, seiring berjalannya waktu orang tersebut akan memiliki respon yang lebih lamban dan mengalami kehilangan konsentrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini