Sukses

Kaki Gemuk Jadi Langsing, Bisakah?

Pergelangan kaki termasuk yang ikut membengkaketika Anda gemuk. Lantas apakah pergelangan kaki bisa langsing lagi saat berat badan sudah tur

Liputan6.com, Jakarta Pergelangan kaki termasuk yang ikut membengkak ketika Anda gemuk. Lantas apakah pergelangan kaki bisa langsing lagi saat berat badan sudah turun?

Kondisi pergelangan kaki gemuk ini disebut cankles. Anda bisa mencari tahu penyebab pergelangan kaki Anda menjadi gemuk dan mencoba mengatasinya terutama ketika berat badan telah turun.

Penulis The MD Factor Diet, Caroline Cederquist, MD., mengatakan, ada beberapa penyebab cankles dan bagaimana mengatasinya agar tubuh Anda tetap terlihat seksi dan sehat seperti dilansir Womenshealthmag, Rabu (21/1/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1-2


1. Berat badan

"Ketika berat badan naik, begitu juga dengan jumlah simpanan lemak di kaki," kata Cederquist.

Menurutnya, keseringan cankles disebabkan gravitasi yang menarik lemak ke arah pergelangan kaki dan daerah betis. Cederquist menjelaskan, Anda bisa memperbaikinya dengan memperoleh berat badan yang sehat dengan diet dan olahraga.

Perbaikan: Lakukan latihan yang memfokuskan pada otot betis Anda. Cobalah lompat tali, berlari, dan jumping jack.

2. Genetika

Jika salah satu orangtua Anda memiliki pergelangan kaki yang besar, genetika setidaknya bisa disalahkan. Cederquist mencatat beberapa wanita dilahirkan dengan pergelangan kaki yang besar, sedikit mengembangkan otot betis, atau keduanya.

Perbaikan: Anda tak bisa mengubah genetika Anda, tapi Anda bisa mengalihkan latihan yang memperhatikan betis Anda, sekelompok otot yang kebanyakan wanita melupakannya. Cobalah latihan tumit.

3 dari 3 halaman

3-5


3. Retensi cairan

Cederquist menjelaskan, kehilangan mata kaki tiba-tiba sering disebabkan retensi cairan karena kandungan sodium atau kehamilan.

Ketika sodium didorong tubuh untuk keluar melalui air dan penguapan, kehamilan seringnya datang dengan buruknya sirkulasi yang menyebabkan darah berkumpul di pergelangan kaki.

Perbaikan: Kaus kaki yang ketat bisa membantu meredakan pembengkakan. Anda juga perlu berdiet. Fokus pada menghindari makanan yang kaya sodium seperti makanan olahan dan fast food. Cegahlah dehidrasi dengan cukup cairan (Kencing harus berwarna kuning atau bening) juga membantu mencegah retensi cairan.

Apabila Anda hamil, cobalah ke dokter karena pergelangan kaki bengkak bisa menjadi tanda komplikasi kesehatan.

4. Obat-obatan

Menurut National Institutes of Health (NIH), obat antidepresan, obat tekanan darah, dan hormon (seperti estrogen yang terkandung dalam pil KB) bisa menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki dan kaki wanita.

Perbaikan: Jika mata kaki Anda menghilang usai mulai minum obat, bicarakan dengan dokter tentang efek sampingnya. Dia mungkin bisa meresepkan merek yang lain yang lebih baik untuk tubuh Anda.

5. Penyakit

Cankles terkadang disebabkan kondisi yang serius seperti sakit ginjal, gagal hati, gagal jantung, pembekuan darah, dan masalah medis lainnya. Semua bisa meningkatkan retensi cairan, terutama di sekitar pergelangan kaki.

Perbaikan: Jika Anda mengalami gejala-gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti kelelahan, perubahan saat buang air kecil, mual, atau sesak napas, segera kunjungi dokter Anda.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.