Sukses

Hanya 20 Persen Informasi tentang Kanker di Internet Benar

Hanya 10-20 persen saja informasi mengenai kanker yang bisa dipercaya.

Liputan6.com, Jakarta Pernah mencari informasi mengenai kanker di situs pencarian Google? Memang banyak informasi yang kita dapatkan, tapi jangan mudah percaya sebab ternyata hanya 10-20 persen saja informasi mengenai kanker yang bisa dipercaya.

Begitu disampaikan Prof. Dr. dr. Soehartati Argadikoesoema Gondhowiardjo, SpRad(K), OnkRad saat menyambangi kantor Redaksi Liputan6.com di SCTV Tower, Selasa (20/1/2015).

"Ternyata kalau kita buka di google, ada 358 ribu pencarian dengan kata kunci kanker. Tapi hanya 10-20 persen yang informasinya benar. Ada yang menyebut kanker bisa dicegah dengan pil, dengan obat dan ada sebutan queen of cancer," katanya.

Saking banyaknya informasi yang simpang siur ini, kata Soehartati, ada seorang ahli penyakit dalam yang kemudian menderita kanker. Dia berkata, yang paling menyusahkan dalam mencari informasi yang benar terkait kanker adalah informasi yang berseliweran dan membuat bingung masyarakat.

"Kalau dia sampai pergi mencari alternatif itu, kalau nggak berhasil kasihan dia malu dan semakin parah. Tapi kalau berhasil, dia akan menggebu bercerita pada semua orang. Inilah konsekuensi media. Dan masyarakat harus cari informasi yang benar," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini