Sukses

Minum Urine Bikin Badan Sehat, Benarkah?

Sejumlah orang meyakini minum urine bisa bikin badan sehat. Namun, benarkah cara tersebut?

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah orang meyakini minum urine bisa bikin badan sehat. Menurut sejarah, suku Aztec termasuk yang menggunakan urine untuk membasmi kuman di luka.

Urine sangat steril yang terdiri dari 95 air dan lima persen nutrisi seperti protein, mineral, dan vitamin. Selama proses pencernaan, hati yang berkaitan dengan racun membuangnya.

"Selama bertahun-tahun banyak orang mengklaim manfaat kesehatan dari minum air kencingnya sendiri, tapi sejauh yang saya tahu tidak ada bukti ilmiah yang mendukungnya," kata GP, Dr Rob Hick, seperti dilansir Mailonline, Selasa (20/1/2015).

Menurutnya, ginjal merupakan sistem penyaringan yang efisien menyingkirkan yang tak dibutuhkan tubuh. Alhasil, memasukkan kembali ke dalam tubuh terlihat kontraproduktif.

"Secara pribadi saya percaya ada cara yang lebih baik dan lebih cocok untuk menjaga kesehatan tubuh seperti tidak merokok, diet makan yang sehat dan mengendalikan stres," katanya.

Baca Juga:

Cuma Minum Urine, Kakek Mark Panjang Umur 

Urine Orang Sehat Juga Ada Bakterinya 

Jairam Singhal Kontrol Diabetes dengan Terapi Urine Sapi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.