Sukses

Perlukah Cuci Vagina dengan Cairan Pembersih Kewanitaan?

Jika tidak diresepkan dokter, tak perlu digunakan.

Liputan6.com, New York- Ada banyak pilihan cairan pembersih wanita di pasaran yang mengklaim bisa membuat organ kewanitaan wanita jadi lebih bersih dan wangi. Namun perlukah mencuci daerah kewanitaan dengan menggunakan cairan pembersih kewanitaan?

Ahli Kebidaan dan kandungan sekaligus penulis Is It Me or My Hormones? The Good, the Bad and the Ugly about PMS, Perimenopause, and All the Crazy Things that Occur with Hormone Imbalance, Marcelle Pick menyatakan tidak terlalu perlu menggunakan cairan pembersih kewanitaan sehari-hari.

"Pada umumnya vagina memiliki tingkatk keasaaman yang seimbang dan tidak perlu dibersihkan menggunakan cairan khusus untuk menjaga keseimbangan tersebut. Selain itu, vagina pun ajaib karena dapat membersihkan dirinya sendiri," terang Picke seperti dilansir Cosmopolitan pada Senin (19/1/2015).

Namun, banyak faktor internal dan eksternal yang memperngaruhi kondisi area kewanitaan sehingga mudah terjadi iritasi ataupun infeksi, baik dari faktor sanitasi, cuaca yang lembab, jenis celana maupun padat nya aktivitas, hingga faktor fluktuasi hormon saat menstruasi, masa kehamilan, menopause ataupun konsumsi KB hormonal.  Maka penggunaan cairan khusus pembersih kewanitaan sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan pH di area kewanitaan.

Oleh karena itu, penting sekali memilih jenis pembersih yang aman untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan. Yaitu yang menggunakan bahan alami dan tidak mengandung banyak parfum. Selain itu pilih yang mengandung konsep prebiotik karena aman digunakan setiap hari. Kandungan lengkap tersebut terdapat di produk Andalan Feminine Care Intimate Wash yang hadir dengan 3 varian yang akan menjadi andalan kamu: Fresh (untuk Miss V segar  sepanjang hari), Natural White (mencerahkan kulit Miss V), dan Revitalize (mengencangkan Miss V).

Andalan Feminine Care Intimate Wash telah teruji oleh ginekolog, hipoalergenis (aman untuk kulit sensitive) dan halal.  Kombinasi lengkap nya membantu melindungi Miss V secara maksimal agar bebas dari iritasi, gatal, dan bau tak sedap, hingga mencegah keputihan dan infeksi lainnya. Gunakan sehari-hari agar Miss V membuatnya selalu segar dan nyaman di setiap momen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.