Sukses

4 Tips Cegah Penyakit Batu Ginjal

Beberapa hal perlu dilakukan untuk cegah penyakit batu ginjal. Salah satunya adalah kurangi konsumsi sodium.

Liputan6.com, Jakarta Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang mudah diderita orang. Di Amerika Serikat saja, tiap tahunnya dilaporkan 1 juta orang dirawat di rumah sakit karena batu ginjal.

Batu ginjal terbentuk ketika bahan kimia tertentu terkonsentrasi dan mengeras membentuk kristal pada saluran kandung kemih. Kristal ini akan tumbuh dan semakin membesar menjadi batu.

Sebagian besar batu ginjal terbentuk ketika kalsium bergabung dengan oksalat atau fosfor. Dalam dunia medis, batu ginjal diakui sebagai salah satu kondisi yang paling menyakitkan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah seseorang terkena penyakit batu ginjal. Mencegah penyakit batu ginjal artinya mencegah kondisi yang medukung pembentukan batunya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah penyakit batu ginjal seperti yang dikutip dari laman Harvard Health Publication pada Jumat (16/1/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Minum banyak air

Minum banyak air

Minum air dapat mencairkan zat-zat dalam urin sehingga menghambat terbentuknya batu ginjal. Minum lah air 2 liter atau sekitar 8 gelas dalam sehari. Selain itu, menyertakan air jeruk dalam daftar minuman juga baik karena kandungan sitrat dalam jeruk dapat menghambat kristalisasi zat.

3 dari 5 halaman

Konsumsi kalsium

Konsumsi kalsium

Terlalu sedikit kalsium yang masuk dalam tubuh dapat meningkatkan kadar oksalat penyebab batu ginjal. Idealnya, konsumsi kalsium untuk dewasa di atas 25 tahun adalah 800 mg per hari, sedangkan setelah usia 50 konsumsi kalsium sebanyak 1000 mg per hari. Beberapa sumber kalsium adalah sayuran hijau, kacang kedelai, susu, jeruk dan tahu.

4 dari 5 halaman

Kurangi sodium

Kurangi sodium

Sodium dapat ditemui di banyak makanan dan minuman yang mengandung garam. Untuk terhindar dari penyakit batu ginjal, batasi konsumsi sodium maksimal 2.300 mg per hari. Mengurangi konsumsi sodium juga baik untuk tekanan darah dan jantung.

5 dari 5 halaman

Batasi protein hewani

Batasi protein hewani

Makan protein terlalu banyak seperti daging merah, unggas, telur dan makanan laut dapat tingkatkan asam urat dan dapat menyebabkan batu ginjal. Mengonsumsi banyak protein juga mengurangi kadar sitrat, bahan kimia dalam urin yang membantu mencegah pembentukan batu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah kondisi ketika di dalam ginjal terbentuk material keras menyerupai batu.

    Batu Ginjal