Sukses

Tebak Berapa Berat Badan Bayi Ini? Baru 10 Bulan Sudah 20 Kg

Tak seperti bayi pada umumnya, di usianya yang menginjak 10 bulan, Juanita Valentina Hernandez memiliki berat hampir 20 kilogram

Liputan6.com, Kolombia Tak seperti bayi pada umumnya, di usianya yang menginjak 10 bulan, Juanita Valentina Hernandez asal Kolombia ini memiliki berat hampir 20 kilogram. Kondisi ini membuatnya berisiko mengembangkan penyakit diabetes tipe 2 dalam waktu dua tahun bila tidak diatasi.

Dailymail, Jumat (16/1/2015), melaporkan, Juanita lahir dengan berat yang normal yaitu hampir 3 kilogram. Tapi dalam beberapa minggu, berat badannya berkembang drastis.

"Pengaruh berat badan yang menanjak drastis bisa dapat bervariasi sebabnya. Tapi terlepas dari itu, anak ini obesitas dan sungguh tragis," kata pemerhati anak dari Yayasan Pertumbuhan Anak, Tam Fry.



Ibu Juanita sendiri mengaku heran dengan pertumbuhan anaknya. Dia mengatakan, di hari 15 setelah anaknya lahir putrinya mulai gemuk dan berat badannya terus bertambah secara tidak normal.

Fry menerangkan, Juanita kemungkinan memiliki kondisi medis yang disebut Prader-Willi syndrome atau suatu kondisi ketika seseorang merasa terus kelaparan sehingga dengan mudah menyebabkan kenaikan berat badan yang berbahaya. Atau bisa jadi dia menderita Cushing sydrome ketika hormon stres kortisolnya tinggi sehingga menyebabkan kenaikan berat badan dan sindrom Beckwith-Wiedemann, yang dikenal sebagai 'sindrom pertumbuhan berlebih' juga dapat menyebabkan anak-anak untuk gemuk lebih cepat.

"Kami sering melihat anak-anak berusia empat tahun dengan kondisi ini dan berisiko memiliki penyakit jantung pada usia remaja," kata Fry.

Ibu Juanita menambahkan, semua ibu yang memiliki bayi seperti ini, harap berhati-hati jika kita tidak ingin anak-anak sakit. "Tolong jangan biarkan mereka meninggal karena kelebihan berat badan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini