Sukses

Cara Baru Cegah Demam Berdarah Dengue

Ada cara baru mencegah demam berdarah dengue

Liputan6.com, Jakarta Laboratorium Mikrobiologi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Badan Litbangkes, telah berhasil melakukan isolasi Bt H-14 dari tanah dan mengembangbiakkan kulturnya di laboratorium. Bt H-14 ini kemudian dikembangkan menjadi produk sediaan farmasi bioinsektisida (sediaan bubuk dan sediaan cair) dengan nama 'Biolaras' yang dapat mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE menerangkan, Bacillus thuringiensis israelensis (Bt H-14) merupakan salah satu jenis bakteri yang dapat mematikan serangga dan potensial sebagai salah satu bioinsektisida terhadap jentik nyamuk dan jentik lalat hitam.

Pengertian bioinsektisida adalah pestisida berbahan alami tanpa menggunakan zat-zat kimia berbahaya yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia.  Hal ini disebabkan karena B.thuringiensis dapat memproduksi senyawa kristal protein toksin (delta endotoksin) di dalam selnya bersama-sama dengan spora pada waktu sel mengalami pembentukan spora.

Kristal toksin ini yang berperan sebagai bioinsektisida karena bersifat protoksin, yaitu bersifat toksin pada suasana alkali di lambung saat termakan oleh jentik nyamuk. Senyawa toksin ini kemudian berikatan dengan sel epitel usus jentik dan menyebabkan paralisis usus dan kematian jentik nyamuk dalam waktu 1 – 4 jam. Oleh karena cara kerja yang spesifik, maka bakteri aman untuk manusia dan lingkungan.

"Pengembangan “Biolaras” saat ini telah bekerja sama dengan salah satu BUMN dan sudah dalam tahap scale up III (meningkatkan hasil produksi bakteri secara industri). Sediaan  “ Biolaras “ telah terbukti memiliki efektivitas teruji (standard WHO) terhadap jentik nyamuk Aedes aegypti, Anopheles aconitus dan Culex  quinquefasciatus," jelasnya Jumat (16/1/2015).

Keunggulan lain dari Biolaras, kata Tjandra, bakteri ini telah menggunakan bahan baku dari sumber daya alam yang diperoleh di Indonesia sementara produk sediaan komersial lain dengan senyawa aktif yang sama masih menggunakan produk dari luar Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demam berdarah dengue atau disingkat DBD, atau disebut juga demam dengue/demam berdarah, adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    DBD

  • demam berdarah