Sukses

Tidur Siang Bikin Ingatan Bayi Tajam

Kemampuan bayi mengingat sesuatu akan lebih tajam jika memiliki tidur siang yang panjang.

Liputan6.com, New York- Bagi bayi tidur merupakan aktivitas penting bagi awal kehidupannya. Nah, bagi Anda yang memiliki bayi di bawah satu tahun, pastikan ia tidur saat siang. Menurut penelitian terbaru ini memperkuat ingatannya jadi lebih tajam.

Para peneliti dari University of Sheffield menemukan fakta bahwa bahwa bayi yang memiliki jadwal tidur siang lebih panjang ingatannya sangat bagus. Temuan ini menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk belajar adalah sebelum tidur.

Lewat penelitian ini sebanyak 216 bayi  berusia 6-12 bulan diajarkan tiga cara bermain boneka tangan. Mereka bermain permainan ini selama empat jam. Setengah dari bayi tidur selama 106 menit, setengahnya lagi kurang dari 30 menit. Ternyata sesudah bangun, bayi yang tidur lebih panjang memiliki ingatan yang lebih baik, mereka mampu mengingat satu setengah permainan boneka. Sedangkan yang tidurnya sedikit tidak bisa mengulang permainan boneka tangan tadi.

"Mereka yang tidur setelah belajar belajar dengan baik, sedangkan mereka yang hanya tidur dalam waktu sebentar cenderung tidak memelajari sesuatu," terang peneliti dari departemen psikologi University of Sheffield, Dr. Jane Herbert seperti dilansir fox news, Senin (19/1/2015).

Lewat penelian ini peneliti mengungkapkan pentingnya bagi orangtua untuk mengajari sesuatu sebelum anak tidur siang. Lalu biarkan ia tidur siang lelap agar kemampuannya memelajari sesuatu lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini