Sukses

Waspadai 9 Tanda Kanker pada Pria

Ada 9 tanda pria mengidap kanker

Liputan6.com, Jakarta Kanker adalah penyakit mematikan yang harus ditangani sedini mungkin. Hal pertama yang harus dilakukan agar terhindar dari kanker adalah dengan mengetahui tanda-tanda dari kanker itu sendiri.

Pria lebih rentan menderita kanker ketimbang wanita, termasuk dalam hal melakukan kunjungan ke dokter. Padahal, sejumlah gejala sangat umum dapat diketahui bila pria menyadarinya.

Meski tanda-tanda kanker hampir sama dengan gejala penyakit lainnya, tapi tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja tanda-tanda dari penyakit kanker seperti dikutip dari Boldsky, Kamis (15/1/2015)

1. Nyeri saat buang air kecil

Jika Anda mengalami sakit saat buang air kecil atau menemukan darah di dalam urine, Anda harus segera menemui dokter. Bisa jadi ini merupakan salah satu tanda dari penyakit kanker.

2. Perubahan testis


Tanda yang paling menonjol dari kanker pada pria adalah perubahan warna testis. Jika secara kebetulan Anda melihat ada warna sedikit gelap pada testis atau menemukan adanya benjolan, lebih baik untuk melakukan tes segera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perubahan kulit



3. Perubahan pada kulit

Para ahli percaya bahwa pria di atas usia 50 tahun cenderung mengembangkan kanker kulit. Jika meliat adanya perubahan pada warna kulit yang tidak biasa, bisa jadi itu salah satu tanda kanker pada pria.

4. Luka


Luka di bagian mulut yang tidak kunjung sembuh selama beberapa hari patut dicurigai.

5. Batuk kronis

Batuk kronis selama beberapa hari dapat dijadikan tanda dari kanker pada pria. Jika sesudah minum obat tidak sembuh juga, lakukanlah pemeriksaan lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

BAB berdarah



6. Buang air besar berdarah


Bila Anda menemukan darah di dalam kotoran saat buang air besar, lebih baik langsung melakukan pemeriksaan di dokter. Jika Anda menderita sembelit atau wasir, tinja Anda bisa berdarah.

7. Sakit terus menerus

Jika pria mengalami rasa sakit yang terjadi secara terus meneurs dan diikuti dengan kram perut, konsultasikan segera ke dokter. Gejala kanker ini dapat berhubungan dengan leukemia atau esofagus, hati, pankreas atau kanker kolorektal.

8. Demam

Tanda awal dari leukemia adalah sering mengalami demam tinggi dan menggigil. Jadi, jangan abaikan tanda ini.

9. Susah menelan

Seorang pria yang mengalami kesulitan dalam menelan dan merasa nyeri, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Bisa saja itu salah tanda dari kanker paru yang kerap menyerang pria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini