Sukses

5 Langkah agar Tidak Mudah Lelah Saat Jadi Ibu Baru

Menjadi seorang ibu memang melelahkan. Tapi dengan cara ini, rasa lelah pun dapat dihindari

Liputan6.com, Jakarta Selama tiga bulan sejak bayi dilahirkan, seorang ibu akan memiliki waktu tidur di malam hari yang tidak stabil. Biasanya, mereka harus siap mengganti popok, memberikan ASI, atau menghentikan nangis si jabang bayi.

Bila kondisi seperti ini terus terjadi selama seminggu, rasa lelah pun tak mungkin lagi dapat dihindari. Tapi, dengan melakukan sejumlah cara di bawah ini seperti dikutip dari Boldsky, Kamis (15/1/2015), kemungkinan untuk merasakan lelah yang berlebihan tidak akan terjadi.

1. Pergunakan waktu

Seorang ibu harus bisa mengambil celah agar bisa rileks. Jadi, janganlah melakukan terlalu banyak aktivitas sekaligus. Prioritaskanlah tugas mana yang harus Anda kerjakan, dan tugas mana pula yang bisa digantikan oleh orang lain.

2. Mandi di pagi hari

Sebelum Anda disibukan dengan rutinitas harian di pagi hari, bangunlah lebih awal lagi dan mandi pagilah terlebih dahulu. Ketika badan terasa segar, tubuh pun akan siap untuk mengejerkan semua tugas.

3. Tidur bersama

Penelitian telah menunjukan bahwa seorang ibu baru dapat beristirahat ketika bayinya dalam keadaan tertidur. Maka itu, ketika bayi tidur, Anda pun harus tidur berdekatan dengannya. Dengan begitu, rasa lelah dapat diatasi.

4. Terima bantuan

Jangan gengsi untuk menerima bantuan orang lain, apakah itu dari orangtua, mertua, adik, atau bahkan dari suami Anda sendiri. Jangan beranggapan bahwa Anda adalah wanita super, yang dapat melakukan semuanya seorang diri. Anda butuh istirahat, apalagi bagi Anda yang memberikan ASI eksklusif. Bila kelelahan, Anda akan sulit memompa ASI untuk keluar.

5. Refreshing

Cobalah sekali dalam seminggu melakukan hal yang Anda sukai, tanpa ditemani anak dan suami Anda. Titipkan dia bersama suami atau keluarga terdekat, dan pergilah sesuka hati Anda tapi pulanglah tepat waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.