Sukses

Alasan Rasa Ngilu dan Sariawan Saat Pakai Kawat Gigi

Tidak semua orang yang memakai kawat gigi merasakan ngilu pada giginya.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi utama penggunaan kawat gigi atau yang akrab disebut behel diantaranya untuk mengembalikan fungsi gigi untuk mengunyah, bicara dan estetika. Tidak sedikit dari mereka yang menggunakan kawat gigi merasakan giginya menjadi sakit, sebenarnya apa si penyebab gigi sakit saat pasang behel?

"Pada minggu-minggu awal pemakaian behel akan dirasakan rasa sakit ngilu pada gigi. Ini dikarenakan karena adanya kekuatan alat orto yang menempel pada gigi sehingga membuat pergerakan gigi," terang dokter gigi spesialis ortodonsia, Puji Hartono saat dihubungi Health-Liputan6.com lewat sambungan telepon pada Jumat (16/1/2015).

Namun, dokter Puji menekankan bahwa tidak semua orang merasakan ngilu dari awal hingga akhir penggunaan kawat gigi. "Sensitivitas yang berbeda pada setiap orang membuat efek yang ditimbulkan berbeda. Sehingga ada yang tidak merasakan ngilu saat pakai behel," terang dokter gigi spesialis ortodonsia sejak tahun 2007 ini.

Selain rasa ngilu pada gigi, seseorang yang mengenakkan kawat gigi biasanya mengalami sariawan. Diterangkan oleh dokter lulusan fakultas kedokteran gigi Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini hal ini disebabkan karena adanya gesekan antara alat orto pada gigi dengan bibir serta bagian mulut lainnya.

"Kualitas bahan untuk pemasangan kawat gigi bermacam-macam seperti stainles, porselin dan masih banyak lagi. Biasanya jika kualitasnya bagus tidak menimbulkan sariawan. Misalnya porselen itu kan bahannya halus sehingga bisa mengurangi gesekan bahan orto dengan bibir serta mulut," terang dokter yang berpraktek di Jalan Letjen Soeprapto No 53 Jakarta Pusat ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.