Sukses

Hindari 3 Hal Berikut Saat Tak Bisa Tidur

Jika melakukannya tidur Anda makin larut.

Liputan6.com, New Delhi- Tidur pada malam hari memiliki dampak luar biasa pada tubuh. Saat tidur tubuh tidak hanya beristirahat tapi ada serangakain proses penting lainnya mulai dari proses perbaikan organ-organ tubuh, sistem kekebalan tubuh memproduksi hormon imunitas serta banyak manfaat tubuh lainnya.

Ada kalanya sudah berniat tidur tapi satu jam sudah berbaring di tempat tidur mata tak juga terlelap. Jika kondisinya seperti ini, tetap cobalah untuk memejamkan mata dan hindari melakukan tiga hal berikut sepertidilansir dari laman Times of India, Kamis (15/1/2015).

1. Bermain smartphone atau tablet
Gagal tidur lalu memutuskan untuk membaca berita di tablet? atau bermain game di smartphone? Nah, hal ini malah membuat Anda tak merasa mengantuk karena adanya sinar yang memengaruhi otak untuk terus aktif. Lebih baik jauhkan tempat tidur Anda.

2. Minum alkohol
Mungkin Anda berpendapat bahwa dengan minum minuman beralkohol bisa membantu tubuh untuk rileks sehingga mudah tidur. Hal tersebut belum tentang benar. Butuh waktu beberapa jam bagi alkohol bekerja di tubuh untuk mencapai pikiran rileks.

3. Mengemil
Banyak orang yang tidak bisa tidur lalu memutuskan untuk mengambil camilan di dekatnya. Tapi tahukah Anda bahwa ini adalah hal yang harus dihindari untuk dilakukan saat tidak bisa tidur. Saat mengemil di malam hari tubuh menginginkan makanan tidak sehat dan manis. Mengonsumsi kedua jenis makanan ini malah membuat sistem pencernaan sibuk memrosesnya dan membuat Anda terjaga lebih lama. Akibatnya tidur pun makin larut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.