Sukses

Alami Kecelakaan, Kepala Bocah 9 Tahun Ini Dibelek

Kepala bocah ini harus dibelek untuk menyelamatkannya dari kecelakaan mobil

Liputan6.com, London Demi menyelamatkan nyawa seorang bocah bernama Jahfari Martin (9) akibat kecelakaan mobil saat sedang mengendarai sepeda, para dokter di Rumah Sakit Umum Southampton, Inggris, memutuskan untuk membelek bagian kepalanya.

Menurut mereka, otak Jahfari mengalami pembengkakan akibat trauma pada bagian kepala. Selain itu, pembelekan ini sebagai upaya tim medis untuk mengalirkan kelebihan cairan di otaknya yang mengalami kegagalan. Bila ini tidak dilakukan, Jahfari pun dalam kondisi yang memprihatinkan.

Dr. Chakraborty dari Unit Neurologis Rumah Sakit Umum Southhampton, mengatakan, dengan membuka laposan otak dapat meringkan tekanan intrakranial.

"Kami memotong semua jalan di sini (sekitar garis rambut), lalu kulit bagian depan dikupas, dan kami potong dengan ukuran cukup besar dari tengkorak. Setelah itu, kami membuka lapisan otak. Dengan cara ini, semua tekanan bisa berkurang," kata dia seperti dikutip Asia One, Jumat (16/1/2015).

Lebih lanjut dia menjelaskan, potongan tulang tengkorak itu kemudian dipotong menjadi dua bagian yang lebih kecil dan ditransplantasikan ke `katung` yang dibuat di dalam perutnya agar tetap aman. Tulang itu disimpan sampai akan disambungkan lagi sekitar tiga minggu ke depan.

Ketika sang anak diwawancarai, dia mengatakan, seperti ada batu berukuran besar di perutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.