Sukses

Agar Umur Panjang, Coba Jalan Kaki 20 Menit Tiap Hari

Bagi Anda yang tak sempat berolahraga, cobalah berjalan selama 20 menit sehari jika ingin hidup lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga bagus untuk kesehatan. Namun, kebanyakan orang enggan berolahraga karena berbagai alasan. Bagi Anda yang tak sempat berolahraga, cobalah berjalan selama 20 menit sehari jika ingin hidup lebih lama.

Inilah temuan dari Cambridge University yang mengungkap manfaat besar dari olahraga sehari-hari.
Menurut peneliti, kurang berolahraga lebih mungkin meninggal dua kali lipat dibandingkan orang yang obesitas.

Pada penelitian ini, Cambridge University mempelajari 334 ribu yang melakukan aktivitas sederhana di sepanjang hidupnya. Dan cara ini banyak keuntungannya. Berjalan 20 menit sehari atau setara dengannya mengurangi kematian dini hampir sepertiganya seperti dilansir Mailonline, Jumat (16/1/2015).

Namun peneliti tak bisa mengatakan berapa lama kehidupan tambahan yang bisa diperoleh dengan berjalan 20 menit.

"Ini adalah pesan sederhana, hanya sedikit aktivitas fisik setiap hari bermanfaat untuk kesehatan bagi orang yang tak aktif secara fisik," kata Pemimpin Penelitian Ulf Ekelund.

Meskipun peneliti menemukan latihan 20 menit bisa memberikan perbedaan, sebaiknya Anda melakukan latihan lebih dari waktu tersebut. Karena latihan fisik memiliki banyak manfaat kesehatan yang menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari.

Berjalan kaki cepat selama 20 menit bisa membakar 90 sampai 110 kalori. Penelitian ini dilaporkan dalam dalam American Journal of Clinical Nutrition. Para penulis mendefinisikan kematian dini karena meninggal sebelum usia rata-rata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini