Sukses

Ini yang Terjadi pada Payudara Ibu Melahirkan

Payudara bisa bertambah ukurannya dan bentuk juga berubah. Dengan kata lain payudara mengalami krisis identitas usai memiliki bayi.

Liputan6.com, Jakarta Wanita tentu akan mengalami perubahan pada payudaranya usai memiliki anak. Payudara bisa bertambah ukurannya dan bentuk juga berubah. Dengan kata lain payudara mengalami krisis identitas usai memiliki bayi.

Wanita yang tadinya payudaranya kecil pun bisa memiliki ukuran yang lebih besar saat memiliki bayi. Dan perlu diketahui bahwa kondisi tersebut bukan hal yang aneh.

Ahli Kesehatan Wanita Jennifer Wider, MD, mengatakan kondisi itu normal. Saat menyusui, tubuh mempersiapkan diri untuk memelihara sementara atau permanen. Ini memengaruhi bentuk dan ukuran payudara wanita.

Penyebab ini semua adalah hormon seperti  progesteron, estrogen, dan oksitosin serta beberapa nama lainnya yang merangsang kelenjar susu payudara dan perkembangan salurannya. Ini memungkinkan wanita menyusui setelah bayinya lahir.

"Karena payudara bisa berkembang, kulit sekitar payudara meregang," kata Wider seperti dilansir Womenshealthmag, Jumat (16/1/2015).

"Setelah wanita berhenti menyusui, kelenjar susu dan salurannya menyusut ke ukuran sebelum hamil," katanya lagi.

Wider menjelaskan, usai tak menyusui biasanya berakhir dengan payudaranya menjadi lebih kecil dibanding sebelum memiliki bayi atau lebih besar dari sebelumnya. Mengapa?

Bagi sejumlah perempuan menyusui bisa membuat jaringan di payudara menjadi lebih padat. Dan kemudian lemak serta jaringan ikat di dalam payudara bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Akibatnya, bentuk dan ukuran payudara bisa berubah.

Wider mengatakan, puting termasuk yang tak kebal dengan perubahan. "Hormon kehamilan bisa membuat puting menjadi lebih menonjol bila menyusui dan mengecil ketika berhenti menyusui sama sekali," ujarnya.

Untungnya, lanjut Wider, perubahan bentuk dari puting ini sementara. Ia akan kembali ke bentuk dan ukuran lama seiring waktu.

Namun sayangnya, Wider menjelaskan tak ada hal yang bisa wanita lakukan untuk mencegah payudaranya mengalami krisis identitas setelah memiliki bayi atau tetap pada bentuknya. "Tambahan lemak juga bisa menambah masalah," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.