Sukses

Rasa Dingin Itu Bisa Menular

Tidak cuma menguap yang bisa menular, rasa dingin pun bisa membuat orang di sekitarnya ikut merasakan hal yang sama.

Liputan6.com, New Delhi Pasti Anda pernah melihat orang lain menguap lalu Anda ikut menguap. Ternyata, tidak cuma hal itu yang bisa menular, rasa dingin pun bisa membuat orang di sekitarnya ikut merasakan hal yang sama menurut studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Inggris.

Tim dari University of Sussex menemukan fakta bahwa partisipan yang terlibat dalam penelitian ini suhu tubuhnya menurun secara signifikan ketika menonton video orang yang meletakkan tangan ke air dingin. Hal ini menunjukkan bahwa manusia mudah rentan "penularan suhu".

Namun ketika 36 partisipan diminta untuk melihat video orang yang sedang memasukkan tangan ke air hangat, tidak terjadi perubahan di dalam suhu tubuh. Peneliti pun menyimpulkan bahwa orang lebih sensitif terhadap dingin dibandingkan panas.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One ini membuat para peneliti mengaitkan kemampuan manusia untuk berempati terhadap satu sama lain. "Perubahan fisiologis sadar tersebut dapat membantu kita berempati satu sama lain dalam hidup bermasyarakat," terang pemimpin penelitian ahli saraf Neil Harrison seperti dilansir dalam laman Times of India, Rabu (14/1/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.