Sukses

4 Manfaat Tak Terduga Lemak Tubuh

Peranan besar lemak dalam tubuh mulai dari tingkatkan gairah seks hingga siklus menstruasi perempuan.

Liputan6.com, New York Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk lemak. Tubuh yang mengandung lemak berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit jantung bagi seseorang.

Namun, lemak tetap dibutuhkan tubuh karena punya peranan besar. Misalnya sel lemak bernama adipocytes. Sel lemak yang satu ini berada di bawah kulit yang melindungi tubuh dari infeksi menurut penelitian dari University of California, San Diego. Para peneliti percaya bahwa lemak adiposit memicu produksi sel kekebalan yang membunuh bakteri dan mikroba lainnya.

Tak cuma untuk kekebalan tubuh, lemak memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh seperti dilansir laman Shape, Kamis (15/1/2015).

1. Tingkatkan gairah seks
"Ketika persentase lemak tubuh Anda terlalu rendah, gairah seks cenderung untuk menurun," jelas trainer di Peak Performance di New York, Jessi Kneeland. Namun terlalu banyak lemak tubuh bisa meredam libido tubuh.
Berdasarkan American College of Sports Medicine perempuan dengan kadar lemak 20-32 persen baik untuk kesehatan.

2. Menjaga tubuh terus hangat
Lemak bisa diandaikan seperti lapisan pakaian yang membuat tubuh terus hangat. Namun, Kneeland  mengingatkan bahwa terlalu banyak lemak tubuh bisa menjadi bumerang bagi tubuh, karena dapat menjadi lebih berkeringat atau terlalu panas dengan sedikit tenaga.

3. Sebagai distributor nutrisi untuk tubuh
"Lemak tubuh yang terlalu rendah memberikan dampak negatif dalam pengiriman vitamin untuk organ tubuh," terang personal trainer Nutrifit, Cathy Leman, M.A., R.D., L.D. Berbagai komponen vitamin seperti A, D, E, K pun tersimpan dalam jaringan lemak.

4. Bantu kesuburan perempuan
Lemak jenis baik berguna untuk seluruh sistem reproduksi mulai dari siklus menstruasi hingga hamil. Jika tubuh tidak memiliki persentase lemak tubuh yan gredan bisa sebabkan ketidakteraturan mensturasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini