Sukses

Makanan Penyembuh Haid yang Tak Teratur

Beberapa makanan yang bisa menyembuthkan haid tidak teratur.

Liputan6.com, Jakarta Haid tidak teratur atau bisa dikenal dengan sebutan oligomenore merupakan masalah kewanitaan yang sering ditemui. Normalnya, wanita haid 11 hingga 13 kali dalam setahun. Namun, bagi yang mengidap haid tidak teratur hanya mengalami sekitar 6 sampai 7 kali dalam setahun.

Hal disebabkan oleh banyak faktor seperti stres, diet tak sehat, olahraga berat, kenaikan atau penurunan berat badan yang signifikan, merokok, penyalahgunaan alkohol, asupan kafein, obat-obatan, dan pil KB.

Meskipun demikian, laman Boldsky udah merangkum beberapa makanan yang bisa menyembuthkan haid tidak teratur tersebut seperti yang dilansir pada Selasa (13/1/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kayu Manis

1. Kayu Manis

Mengkonsumsi teh atau jus lemon yang ditambahkan kayu manis bisa memperbaiki siklus haid.

2. Jahe

Jahe memang berguna untuk mengurang rasa sakit ketika haid. Oleh karena itu, jahe baik untuk menyembuhan haid tidak teratur. Cukup meminum atau menambahkan jahe untuk bumbu makanan diet Anda.

3. Aloe Vera

Aloe vera berguna untuk mengatur hormon yang bertanggung jawab pada masa haid. Mengkonsumsi langsung atau membuat jus bisa mencara pilihan cara mengkonsumsinya.

4. Kunyit

Kunyit berguna untuk mengatur peredaran darah di rahim dan menyeimbangkan hormon. Oleh karena itu, kunyit bisa membantu mengatur siklus haid dan menghilangkan rasa nyeri haid.

5. Pepaya Mentah

Pepaya bekerja langsung pada rahim yang berguna untuk meningkatkan aliran darah ke rahim. Oleh karena itu, pepaya mentah cocok unutk menyembuhkan haid tidak teratur.

3 dari 3 halaman

Jus Ketumbar

6. Biji Wijen

Kandungan minyak dalam biji wijen berguna untuk memproduksi dan menyeimbangkan hormon sehingga melancarkan siklus haid.

7. Jus Wortel

Wortel mengandung banyak nutrisi yang bisa mengatur siklus haid sehingga wortel cocok untuk menu diet.

8. Anggur

Anggur mengandung zat besi dan membantu mengatur siklus haid yang bisa menyebabkan anemia atau kekurangan darah.

9. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari ini memang baik untuk mengatasi anemia, gangguan pencernaan, dan flu. Ternyata, biji bunga matahari juga efektif untuk melancarkan siklus haid.

10. Jus Ketumbar

Ketumbar merupakan perangsang alami sheingga bisa mengurangi sekresi hormon. Ketumbar juga berkhasiat untuk mengatur siklus haid dan mengurangi rasa nyeri haid.

11. Pare

Mengonsumsi jus pare dua kali sehari cukup efeketif untuk mengobati haid yang tidak teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini