Sukses

Jangan Takut Sinar Matahari, Rasakan 6 Manfaat Ini

Sinar matahari memiliki banyak manfaat, berikut alasannya

Liputan6.com, Jakarta Matahari menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan manusia yang hidup di bumi. Sayang, tidak sedikit pula manusia yang justru ketakutan terhadap matahari, dan selalu melakukan beragam upaya agar terhindar dari pantulan sinar matahari.

Manusia harus tahu, sinar matahari dapat menyembuhkan satu kondisi di mana dapat menyebabkan depigmentasi kulit atau disebut dengan vitiligo. Selain itu, radiasi UV yang ada pada sinar matahari merupakan sumber vitamin D dan memiliki efek meningkatkan suasana hati.

Bila penjelasan dari keuntungan sinar matahari yang disebutkan di atas masih membuat Anda tidak yakin, di bawah ini dijelaskan lebih lanjut mengapa Anda tidak perlu takut dengan sinar matahari, seperti dikutip dari Boldsky, Rabu (14/1/2015).

1. Sembuhkan penyakit kulit

Salah satu manfaat dari sinar matahari adalah dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti psoriasis bila rutin dilakukan selama empat minggu.

2. Suasana hati

Satu penelitian telah menunjukkan bahwa keluar dari di rumah di hari yang cerah dapat membuat pikiran lebih rileks, sehingga kita terhindar dari stres.

3. Baik bagi jantung

Sinar matahari berguna dalam menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol berlebih, yang berefek pada kesehatan jantung yang semakin meningkat. Duduklah di bawah sinar matahari selama beberapa jam dengan cara piknik, karena dapat melatih kerja jantung lebih maksimal.

4. Mencegah kanker

Sinar matahari juga dapat mencegah terjadinya kanker prostat, payudara, dan usus besar. Selain itu, dapat juga meningkatkan sirkulasi darah dan membunuh sel-sel kanker. Namun, bila terkena paparan sinar matahari di jam yang salah, dapat menyebabkan kanker kulit.

5. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Bila sistem kekebalan tubuh kita baik, dapat membantu kita melawan infeksi penyakit. Sinar matahari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan jalan meningkatkan jumlah sel darah putih dan gamma globulin yang keduanya penting melawan infeksi.

6. Tidur lebih baik

Ketika sinar matahari mengenai mata kita, sinyal akan masuk ke dalam otak memlalui saraf optik. Bila ini terjadi, dapat meningkatkan produksi bahan kimia yang disebut dengan melatonin. Jika jumlahnya cukup, dapat membantu kita tidur lebih baik di malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini