Sukses

Helm Ini Bisa Atasi Kebotakan

Dibanding implan rambut, mungkin cara ini efektif untuk mengatasi kebotakan rambut.

Liputan6.com, Jakarta Dibanding implan rambut, mungkin cara ini efektif untuk mengatasi kebotakan rambut. Pasalnya, seorang ahli bedah bersertifikat laser, Raymond J. Lanzafame, MD, FACS menemukan helm anti kebotakan.

Berteknologi Low Level Light Therapy (LLLT), Lanzafame menamai ciptaannya ini iGrow helmet. Dalam percobaan klinis yang hasilnya dipublikasikan dalam Lasers in Surgery and Medicine,dia menemukan kalau penggunaan helm ini selama 25 menit setiap hari bisa meningkatkan 37 persen pertumbuhan rambut.

"Panjang gelombang cahaya tertentu memicu reaksi kimia yang dapat mengundang produksi energi dalam sel. Energi ini dibutuhkan rambut untuk tumbuh dan berkembang biak," kata Lanzafame, seperti dikutip Prevention, Selasa (13/1/2015).

Kendati demikian, Lanzafame mengatakan, helm ini didesain untuk membantu penderita Androgenic alopecia (atau lebih dikenal androgenetic alopecia) atau mereka yang mengalami penipisan rambut karena bawaan bukan karena kerusakan penggunaan bahan kimia rambut.

Dibanrol seharga US$ 695 atau sekitar Rp 8 juta, produk ini juga perlu disertai terapi khusus. Seperti disampaikan ahli bedah transplantasi rambut di New Orleans, Nicole Rogers, MD bahwa terapi lain seperti perawatan menggunakan minoxidil topikal mungkin diperlukan. 

Selebihnya, kata dia, yang terpenting dalam menjaga kesehatan rambut adalah berolahraga efektif, makan teratur dan tidur nyenyak.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini