Sukses

Berlatih Tangkap Bola Bisa Tingkatkan Keseimbangan Tubuh

Orang tua lebih rentan jatuh. Ini disebabkan keseimbangan yang terbatas dan kurang stabil. Ini bisa ditingkatkan dengan latihan menangkap.

Liputan6.com, Jakarta Orang tua lebih rentan jatuh. Ini disebabkan keseimbangan yang terbatas dan kurang stabil. Memang bertambahnya usia bisa membuat seseorang kehilangan kontrol postural antisipatif atau kemampuan menjaga keseimbangan. Untuk melatih keseimbangan, orang tua bisa melakukan latihan menangkap bola berat.

"Rehabilitasi yang dirancang khusus bisa meningkatkan penyesuaian kontrol postural dan kemudian meningkatkan keseimbangan secara keseluruhan," kata Alexander Aruin, Profesor Terapi Fisik di University of Illinois, di Chicago, seperti dilansir Zeenews, Selasa (12/1/2015).

Para peneliti meminta sekelompok orang dewasa muda yang sehat untuk berdiri dan menangkap bola obat. Dalam studi lain, mereka meminta hal yang sama dilakukan sekelompok orang dewasa yang lebih tua yang sehat.

Kemudian, peneliti mengukur aktivitas listrik otot kaki dan mencari perbedaan kemampuan di kedua kelompok usia untuk menghasilkan penyesuaian postural antisipatif sebelum dan sesudah pelatihan.

Pada orang dewasa yang lebih tua, para peneliti menemukan cara ini tak hanya meningkatkan, tetapi juga meningkatkan dalam melakukan tugas yang bukan bagian dari pelatihan.

"ada efek pengalihan," kata Aurin.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam dua jurnal yakni Electromyography and Kinesiology dan Experimental Brain Research.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.