Sukses

Camilan di Kantor Bikin Diet Gagal, Ini Cara Mencegahnya

Pekerja kantoran bisa gagal diet karena makanan ringan yang tersedia di tempat kerja.Tapi, Anda bisa mencegahnya dengan beberapa cara ini.

Liputan6.com, Jakarta Pekerja kantoran bisa gagal diet karena makanan ringan yang tersedia di tempat kerja. Apalagi kebanyakan camilan di kantor merupakan makanan yang lemak transnya tinggi (lemak jahat yang meningkatkan LDL atau kolesterol jahat).

Sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam konferensi American Heart Association di Chicago menemukan, terlalu banyak mengonsumsi makanan ringgi yang lemaknya tinggi (kue, cookies, dan keripik kentang) bisa kehilangan memori (ingatan).

Sebanyak 690 orang usia muda dan menengah dites. Dan responden yang makan banyak camilan kaya lemak trans lebih buruk saat tes memori dibandingkan yang makan sedikit lemak. Mungkin ini sebabnya kantor Google di New York menggantikan sebotol gratis M&M dengan sebotol buah kering.

Ahli Gizi Rania Batayneh yang juga penulis The One One One Diet mengatakan, kunci sebenarnya itu tak hanya mengemil tapi bagaimana Anda mengemil dan apa jenisnya.

"Apakah Anda mengemil dengan duduk? Apakah ini disengaja? Apakah Anda memiliki waktu spesifik dalam sehari untuk mengemil, atau apakah Anda menunggu sampai kelaparan?," kata Batayneh seperti dilansir MedicalDaily, Selasa (12/1/2015).

Biji-bijian mungkin terdengar sehat tapi dengan cepat menjadi tak sehat jika makanan ini tak diimbangi dengan protein dan lemak. Protein, lemak, dan karbohidrat merupakan kombinasi makanan ringan yang hebat.

Camilan sehat harus cerdas dan strategis. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mengemil yang tak sehat di kantor:

1. Makan siang setengah

Batayneh menyarankan apabila Anda membawa bekal, cobalah membaginya menjadi dua. Setengah untuk makan siang, dan setangahnya lagi untuk camilan di sore hari.

"Ini adalah cara yang paling efektif," katanya.

"Saya sarankan Anda membuat pasta, biarkan dingin, dengan saus Italia atau vinaigrette, serta sayuran untuk serat tambahan dan nutrisi. Ini adalah pasta yang lezat salad! "

2. Kuaci

Selain itu, Anda juga bisa membawa camilan seperti kwaci. "Camilan dari biji bunga matahari ini merupakan sumber serat yang baik dan vitamin E, juga menawarkan sejumlah protein yang dengan seporsi almond (ide camilan lainnya), tetapi lebih sedikit kalori dan sedikit lemak," kata Batayneh.

Namun Batayneh mengingatkan agar Anda tak perlu takut menyemil di tempat kerja.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.